Berencana Bikin Bank Syariah, PP Muhammadiyah: Kita Fokus Benahi BPRS

Berencana Bikin Bank Syariah, PP Muhammadiyah: Kita Fokus Benahi BPRS

Jakarta – Organisasi Islam Muhammadiyah dikabarkan akan membuat bank syariah besar usai Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah mengalihkan dana simpanan dan pembiayaan dari PT Bank Syariah Indonesia (BSI).

Ketua PP Muhammadiyah, Anwar Abbas menyebutkan bahwa rencana tersebut memang sudah ada. Meski demikian, belum pasti kapan akan dilaksanakan, sebab masih terdapat banyak pertimbangan untuk mengimplementasikannya.

Anwar mengungkapkan saat ini pihaknya tengah fokus untuk membenahi Bank Perekonomian Rakyat Syariah (BPRS) milik Muhammadiyah dengan jumlah lebih dari 10 bank.

“Kan kita banyak punya BPRS ya. Ya cukup banyak, dari 10 ya. Mungkin mendekati 20. Jadi kita benahi, kita tata. Dan nanti kita harapkan disinergikan. Sehingga bisa menjadi sebuah bank umum syariah. Tapi belum ya, ini masih panjang kok, ya rencana sudah sejak 20 tahun yang lalu” ujar Anwar kepada Wartawan di Jakarta, Jumat, 11 Oktober 2024.

Baca juga: Simak! Tantangan dan Peluang Penerapan AI di Sektor Perbankan

Anwar menambahkan Muhammadiyah ingin berpartisipasi dalam memajukan perbankan syariah di Tanah Air. Oleh karena itu, pihaknya berupaya untuk mendorong kompetisi di antara perbankan syariah berjalan positif.

“Kalau hari ini kita akan melihat terlalu dominan satu bank. Itu biasanya monopolistik ya. Sehingga satu yang monopolistik itu kurang baik. Nanti kita coba dorong yang lain-lain (bank syariah) supaya juga naik. Sehingga pricing-nya, dalam pembiayaan dan juga pendanaan bisa kompetitif,” imbuhnya. (*)

Editor: Yulian Saputra

Related Posts

News Update

Top News