Jokowi Reshuffle Kabinet: Bahlil hingga Supratman jadi Menteri Baru

Jokowi Reshuffle Kabinet: Bahlil hingga Supratman jadi Menteri Baru

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan perombakan alias reshuffle kabinet Indonesia Maju, pada Senin, 19 Agustus 2024, jelang dua bulan masa akhir jabatannya. Pelantikan menteri, wakil menteri dan kepala badan baru tersebut dilakukan di Istana Negara, Jakarta, pukul 09.30 WIB.

Sejumlah menteri, wakil menteri dan kepala badan yang dilantik adalah Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). 

Lalu, Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Kepala Badan Gizi Nasional, Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan, serta Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Pelantikan sendiri diawali dengan pembacaan keputusan presiden tentang pemberhentian dan pengangkatan menteri maupun wakil menteri. Setelah itu, para pejabat yang dilantik mengucapkan sumpah jabatan yang dipandu oleh Jokowi.

Baca juga: Jokowi Reshuffle Kabinet Pagi Ini, Berikut Daftar Menteri yang Diganti

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara”.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab”.

Pelantikan Menteri Baru dan Kepala Badan

Politikus Partai Gerinda Supratman Andi Agtas dilantik menjadi Menkumham menggantikan Yassona H Laoly. Sebelumnya, Supratman merupakan Ketua Badan Legislasi Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia.

Lalu, kursi Menteri ESDM kini ditempati oleh Bahlil Lahadalia yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal.

Adapun Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal diisi oleh Rosan Roeslani. Rosan sendiri merupakan Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran di Pilpres 2024.

Baca juga: Jokowi Patok Defisit APBN Tahun Pertama Prabowo Rp616,2 Triliun

Selain itu, Jokowi melantik Angga Raka Prabowo, sebagai Wakil Menkominfo. Selanjutnya, Jokowi melantik Dadan Hindayana sebagai Kepala Badan Gizi Nasional. Lembaga ini baru saja dibentuk pada Agustus 2024 melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 83 Tahun 2024.

Jokowi juga melantik Hasan Nasbi dilantik sebagai Kepala Badan Komunikasi Kepresidenan dan Taruna Ikrar sebagai Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan. (*)

Editor : Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News