Erick Thohir Dorong BNI Berikan Pembiayaan UMKM Berorientasi Ekspor

Erick Thohir Dorong BNI Berikan Pembiayaan UMKM Berorientasi Ekspor

Jakarta – Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting terhadap perekonomian di Tanah Air. Namun, kontribusi UMKM dari sisi ekspor masih relatif kecil, yakni di bawah 20 persen.

Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan bank milik pemerintah seperti BNI diharapkan dapat menjaring UMKM di luar negeri untuk memberikan pembiayaan.

Baca juga: Menteri Teten Beberkan Pemicu UMKM Lokal Kalah Saing Berujung ‘Mati’

“Karena memang sejak awal sebagai bank internasionalnya Indonesia tentu dorongan membangun korporasi menjadi sangat penting tapi basis yang saya minta, bagaimana BNI menjaring diaspora -diaspora yang ada di luar negeri, orang Indonesia, bisa juga mendorong peningkatan dari pada usahanya,” ujar Erick di Webinar BNI Angkat UMKM Go Global, Jumat 6 Oktober 2023.

Sebagai informasi, melalui program BNI Xpora, Perseroan berhasil mencatat hingga Agustus 2023 total kredit ekspor Rp28,53 triliun. Nilai tersebut meningkat Rp1,81 triliun, bila dibandingkan dengan akhir tahun 2022 sebesar Rp26,72 triliun.

Baca juga: Lewat Pelatihan Pengusaha Muda, UMKM Didorong Mampu Hadapi Persaingan

Pertumbuhan kredit tersebut telah menyumbangkan Fee Based Income BNI sebesar Rp53,88 triliun dan CASA (current account saving account) atau dana murah sebesar Rp3,43 triliun. Sementara, kredit tersebut juga berkontribusi terhadap pendapatan bunga BNI sebesar Rp1,4 triliun. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News