Wujud Motor Listrik Termahal di Dunia, Harganya Bisa Beli 8 Unit Rumah Subsidi

Wujud Motor Listrik Termahal di Dunia, Harganya Bisa Beli 8 Unit Rumah Subsidi

Jakarta – Pilihan motor listrik kini semakin beragam. Tak hanya dari sisi model, harganya juga disesuaikan dengan teknologi yang disematkan pada motor listrik tersebut. Ada yang dibanderol di bawah Rp10 juta. Tapi ada juga harganya yang tembus ratusan juta, bahkan hingga miliaran rupiah.

Bicara motor listrik termahal di dunia, ternyata ada motor listrik yang harganya tembus hingga USD100.000 atau sekira Rp1,4 miliar.

Harga ini setara dengan nilai rumah subsidi 2023, yang dibanderol mulai dari Rp181.000.000 di kawasan Jabodetabek.

Baca juga: 5 Rekomendasi Motor Listrik Murah, Harga Mulai Rp8 Jutaan

Motor listrik termahal di dunia tersebut adalah Detonator. Menukil Motorbeam, nama lengkap motor listrik ini adalah Cosmic Motor Detonator. Desain motor listrik ini cukup nyentrik, menggabungkan gaya chopper dan cyberpunk.

Ukuran motor listrik Detonator bisa dibilang cukup besar. Dimensi panjangnya mencapai 11,5 kaki atau setara 3,5 meter. Panjang motor listrik ini ditopang dengan ukuran roda 30 inci pada bagian depan dan 27 inci di belakang.

Dengan ukuran motor tersebut, manusia biasa bisa dibilang sangat sulit untuk mengendarainya, karena lebih cocok dikendarai humanoid. Pasalnya, posisi duduk pengendara terlaly ke belakang dan sulit untuk menggapai kemudi di depannya yang memanjang.

Meski demikian, motor listrik ini memiliki wheelbase yang cukup panjang denagn low center of grafivity dan electromagnetic steering. Ini yang diklaim bisa sedikit memudahkan pengendara untuk mengendalikan motor.

Baca juga: Kemenkeu Tegaskan Subsidi Motor Listrik Bukan Khusus Orang Miskin

Beralih ke dapur pacu, motor listrik ini dibekali dengan dua motor listrik bertipe hub-drive bertegangan 96 volt. Adapun kecepatan maksimum dari motor ini bisa mencapai 120 kilometer (km)/jam.

Sebagai daya motor, ada baterai lithium yang diklaim mampu membawa motor listrik ini menumpuh jarak 100 km. Untuk pengisian dayanya pun hanya membutuhkan waktu satu jam saja dengan arus 110 volt.

Uniknya, meski bertenaga listrik, motor ini bisa mengeluarkan asap buatan, dan bisa mengeluarkan suara khas motor gede. Hingga saat ini, sudah 10 unit Detonator yang telah diproduksi. (*)  

Related Posts

News Update

Top News