Darurat Covid-19, Jokowi Gelar Rapat Terbatas

Darurat Covid-19, Jokowi Gelar Rapat Terbatas

Jakarta – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada sore hari ini (26/1) telah memanggil beberapa menteri untuk menggelar rapat terbatas (ratas) membahas penanganan pandemi covid-19 yang telah menembus angka 1 juta kasus.

“Presiden memanggil saya dan lainnya untuk menggelar rapat terbatas dengan beberapa menteri dan saya di titipi pesan oleh Bapak Presiden untuk menyampaikan ke seluruh rekan-rekan bahwa hari ini adalah hari dimana jumlah orang yang terpapar covid mencapai 1 juta kasus,” kata Budi saat konfrensi pers di Istana Negara, Selasa 26 Januari 2021.

Budi menyatakan, hasil dari rapat tersebut ialah mengingatkan akan tugas kita bersama antara Pemerintah Pusat, Daerah dan seluruh masyarakat jalah mengurangi laju penularan virus covid-19. Hal ini bisa dilakukan dengan mematuhi anjuran Pemerintah untuk menjaga protokol kesehatan 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, dan Mencucui tangan).

Menurutnya, dengan upaya tersebut kita bisa mengurangi beban rumah sakit (RS) di berbagai daerah dalam menangani pandemi covid-19. “Kita harus mengurangi laju penularan virusnya sehingga fasilitas kesehatan yang kita miliki tidak terlalu berat bebannya sehingga kita memiliki waktu yang lebih banyak untuk merespons terhadap virus ini,” tukas Budi.

Sebagai informasi saja, kasus covid-19 secara akumulasi di Indonesia telah menembus angka 1.012.350 kasus setelah pada hari ini (26/1) terjadi penambahan kasus baru sebanyak 13.094 kasus.

Sementara itu, penambahan kasus sembuh juga mencapai 10.868 dalam 24 jam sehingga akumulasi pasien sembuh sebanyak 820.356 kasus. Sedangkan untuk angka kematian akibat covid bertambah 336 kasus sehingga total akumulasi kasus meninggal mencapai 28.468 kasus. (*)

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

News Update

Top News