Ini Perbedaan Rapid Test Antibodi, Antigen dan Swab PCR

Ini Perbedaan Rapid Test Antibodi, Antigen dan Swab PCR

Di masa pandemi covid-19, masyarakat didorong untuk mendukung program pemerintah dalam penanganan pandemi, salah satunya terkait dengan tes atau pemeriksaan covid-19.

Ada beberapa alat pemeriksaan yang bisa digunakan untuk mendeteksi, yaitu rapid test yang terbagi menjadi 2 jenis, antibodi dan antigen, lalu ada test swab PCR yang memiliki persentase deteksi yang lebih tinggi.

Namun bagaimana perbedaan lebih detil dari masing-masing test tersebut? Berikut penjelasannya mengutip situs satgas penanganan covid-19.

Pertama Rapid test antibodi

Alat ini memiliki target deteksi antibodi dalam darah dan menggunakan sampel darah. Untuk durasi mengetahuinya dikisaran 5-10 menit

Kedua Rapid test antigen

Alat ini memiliki target deteksi materi genetik atau protein spesifik dari virus tersebut dalam tubuh seseorang. Sementara untuk sampel yakni swab nasal atau nasofaring sesuai dengan jenis antigen yang digunakan. Untuk durasi mengetahuinya memakan waktu kurang lebih 30 menit di fasilitas pelayanan kesehatan.

Ketiga Swab PCR

Alat ini memiliki target materi genetik (DNA dan RNA) dari virus SARS-COV-2. Sementara sampelnya menggunakan swab nasofaring dan swab tenggorok atau orofaring. Untuk durasi mengetahui keberadaan virus atau tidak test ini memakan waktu 1-2 hari setelah sampel diterima di laboraturium.

Untuk itu tetap ingat untuk selalu terapkan disiplin protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun) selama kita mengakses layanan kesehatan untuk testing covid-19. (*)

Related Posts

News Update

Top News