Tips Aman Jaga Isi Kantong, Saat Pandemi Covid-19

Tips Aman Jaga Isi Kantong, Saat Pandemi Covid-19

Wabah pandemi covid-19 telah menguncang perekonomian dunia, termasuk Indonesia. Kondisi tersebut membuat banyak masyarakat kehilangan pekerjaan hingga berkurangnya penghasilan.

Lalu bagaimana cara menjaga isi kantong tetap aman di tengah pandemi yang entah kapan selesai.

Berikut tips jaga isi kantong saat pandemi covid-19

1 Buat catatan pengeluaran bulanan

Hal ini dilakukan untuk mengetahui pos-pos pengeluaran apa saja setiap bulannya. Setelah itu, pangkas pengeluaran bulanan yang dinilai tidak terlalu penting.

2 Sisihkan sebagian penghasilan untuk dana darurat

Salah satu pelajaran berharga yang dapat diambil dari masa pandemi covid-19 adalah pentingnya menyiapkan dana darurat.

Jika belum memiliki dana darurat, maka mulailah menyisihkan uang dari sekarang. Sesuai namanya, dana darurat sangat menolong untuk kita bertahan jika ada musibah terberat sekalipun. Seperti di phk dan lain-lain di masa yang akan datang.

3 Cermat belanja

Ditengah kondisi saat ini, kita benar-benar selektif dalam membeli barang. Jika sebelum pandemi covid-19 muncul kita sering membeli barang bermerek, maka tundalah pembelian barang bermerek untuk sementara waktu.

Jika memang harus membeli barang, maka penting buat kita membeli barang dengan kualitas yang sama namun dengan harga lebih miring. Caranya, buka situs belanja untuk membandingkan harga produk.

Selain itu dalam berbelanja kebutuhan bulanan, bisa juga kita mencari program-program promo seperti discount dan cashback. (*)

Related Posts

News Update

Top News