Anies Dorong Kolaborasi BUMD untuk Tingkatkan Pelayanan

Anies Dorong Kolaborasi BUMD untuk Tingkatkan Pelayanan

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan pentingnya sinergi antar Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) agar dapat memberikan kontribusi terhadap pembangunan daerah.

Anies memberikan contoh bagaimana fungsi pembangunan berjalan melalui kolaborasi antar BUMD di Jakarta dalam pelayanan transportasi publik. Dirinya memberikan apresiasi atas dukungan yang diberikan Bank DKI. Ia melihat, penerapan transportasi publik di DKI Jakarta yang dilakukan oleh PT Transjakarta, PT MRT Jakarta, dan PT LRT Jakarta dapat dipersatukan oleh Bank DKI melalui sistem pembayaran yang terintegrasi.

“Selama ini, Bank DKI telah mendukung sistem pembayaran transportasi publik, yakni Transjakarta, MRT Jakarta dan LRT Jakarta melalui penggunaan JakCard dan JakLingko,” ujarnya dalam sambutan Seminar Nasional BPD se-Indonesia di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (22/2/2020).

Di samping itu, Anies juga mengingatkan BUMD memiliki tanggung jawab moral dan konstitusional untuk menghadirkan keadilan sosial masyarakat. Oleh karena itu peran pembangunan dan peran komersial BUMD harus seimbang.

“Kalau hanya komersial jangan ada di lingkar pemerintah, swasta saja. Dan negara tidak pernah mencari untung. Yang mencari untung private entity. Pemerintah tugasnya melaksanakan konstitusi, ujar Anies. (Dicky)

Related Posts

News Update

Top News