580 Anggota DPR RI Periode 2024-2029 Bakal Dilantik Hari Ini

580 Anggota DPR RI Periode 2024-2029 Bakal Dilantik Hari Ini

Jakarta – Pelantikan anggota DPR RI terpilih 2024-2029 berlangsung hari ini, Selasa (1/10). Diketahui, jumlah wakil rakyat periode kali ini melonjak dari periode sebelumnya yang hanya berjumlah 575 anggota dewan. 

Kini, ada 580 wakil rakyat yang memiliki kursi di DPR. Pelantikan sendiri akan dilaksanakan di Ruang Paripurna, Gedung Nusantara, sekitar pukul 09.20 WIB. Acara pelantikan akan dimulai dengan pengumuman Ketua KPU RI tentang anggota tertua dan termuda DPR, DPD, dan MPR. 

Baca juga : Ketua Banggar DPR Minta Sri Mulyani Lanjut di Kabinet Prabowo

Kemudian, Sekretaris Jenderal masing-masing lembaga akan mengumumkan pimpinan sementara DPR, DPD, MPR, yang diisi oleh anggota tertua dan termuda itu.

Lalu, agenda masuk ke pengucapan sumpah/janji jabatan yang bakal dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung. Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin diagendakan hadir dalam acara itu.

Acara kemudian berlanjut ke penyerahan memori dari Pimpinan DPR RI lama ke Pimpinan DPR RI sementara itu. Hal itu juga akan dilakukan oleh lembaga DPD RI dan juga MPR RI.

Baca juga : Tok! DPR Setujui APBN Tahun Pertama Prabowo-Gibran

Sebelumnya, sidang paripurna DPR periode 2019-2024 usai digelar pada Senin (30/9). Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan, para calon anggota DPR RI hasil Pemilu 2024 bakal mengucapkan sumpah janji di hadapan sidang paripurna Dewan untuk memulai tugas anggota DPR untuk 5 tahun ke depan.

“Selamat bertugas kepada anggota DPR RI periode 2024-2029, dan bagi anggota DPR yang belum terpilih kembali selamat bekerja dan mengabdikan diri di tempat tugas yang baru, serta terus menjalankan komitmennya membangun Indonesia, terus mempersatukan rakyat dalam semangat gotong royong,” pungkasnya. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News