Rosan P. Roeslani Resmi Jadi Ketum Kadin 2015-2020

Rosan P. Roeslani Resmi Jadi Ketum Kadin 2015-2020

Bandung–Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menggelar Musyawarah Nasional (Munas) VII di Bandung, Jawa Barat pada 23-24 November 2015. Dalam Munas tersebut, Rosan P. Roeslani resmi ditetapkan sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia untuk periode 2015-2020.

Rosan terpilih melalui voting dengan perolehan 102 suara, sementara Rahmat Gobel mendapatkan 27 suara, sesuai dengan total suara yang ada sebanyak 129 suara. Perolehan suara itu berasal dari 34 Kadin Provinsi yang masing-masing memiliki tiga suara dan 30 suara dari perwakilan asosiasi-asosiasi bisnis anggota Kadin.

Sebelumnya, kemenangan Rosan sudah terprediksi. Hal itu terlihat dari hasil sidang pandangan umum, dimana 26 Kadin Provinsi menyatakan dukungannya terhadap Rosan P. Roeslani, meskipun tujuan dari pandangan umum tersebut bukan untuk mengetahui arah Pemilihan Ketua Umum.

Sebelum dilakukan voting, kedua calon ketua, Rosan P. Roeslani dan Rachmat Gobel sempat melakukan pertemuan di ruangan khusus yang disediakan panitia untuk melakukan musyawarah guna menentukan posisi ketua umum. Pimpinan sidang, Bambang Soesatyo, men-skor sidang selama 30 menit untuk proses itu, dan akhirnya memutuskan musyawarah untuk mufakat tercapai. Sehingga pemilihan Ketua Umum Kadin dilanjutkan dengan voting.

Pemungutan suara berjalan dengan aman dan lancar. Pimpinan sidang Bambang Soesatyo memanggil satu per satu pemegang hak suara untuk mengambil kertas suara. Pada saat penghitungan, seluruh kertas suara itu dibacakan oleh Ivan Batubara yang umumnya menyebutkan nama Rosan dilekatkan dengan panggilan masing-masing daerah pemilik suara.

Dalam sidang paparan visi-misi, Rosan berjanji akan membuat Kadin menjadi pilihan pertama dan utama mewakili pengusaha. Selain itu dia juga berjanji mengubah pendekatan pada pembuat kebijakan sehingga ikut aktif dalam kemajuan bangsa.

“Saya akan memilih pengurus yang bisa jadi teladan bagi anggota. Saya akan melakukan konsolidasi dan penguatan Kadin Indonesia, provinsi dan kota kabupaten, sehingga bisa menjadi mitra sejajar pemerintah,” ujar Rosan, dalam siaran pers Kadin di Bandung, Rabu, 25 November 2015.

Rosan P. Roeslani adalah salah seorang pengusaha papan atas nasional. Namanya juga telah mengglobal, terutama saat menjadi salah satu dari trio Indonesia yang mengakuisisi klub sepak bola ternama, Internazionale Milan. Pada periode kepengurusan Kadin 2010-2015, Rosan menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perbankan dan Finansial. (*) Rezkiana Nisaputra

Related Posts

News Update

Top News