Perbankan dan Pasar Modal Diminta Bersinergi Bangun Ekonomi

Perbankan dan Pasar Modal Diminta Bersinergi Bangun Ekonomi

Jakarta–Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengimbau, agar para pelaku sektor perbankan dan pasar modal tidak saling bersaing. Namun, dapat saling bersinergi dalam membangun perekonomi nasional.

Menurutnya, persaingan hanyalah akan membuat kondisi pasar keuangan jadi lemah. Dengan adanya saling mendukung satu sama lain perekonomian Indonesia secara fundamental dapat menjadi kuat.

“Tapi selalu saya katakan bahwa perbankan dengan pasar modal jangan saling bersaing, bisa saling membantu,” ujarnya di Hotel Fairmont Jakarta, tadi malam, 13 Januari 2017.

JK menjelaskan, pasar modal tidak dapat berkembang lantaran masyarakat telah merasa puas dengan keuntungan besar saat membuka deposito di perbankan. Akibatnya, saat ini 60% pasar modal Indonesia dikuasi asing.

Di sisi lain, JK juga mengungkapkan, bukan berarti sektor perbankan juga lemah. Kondisi perbankan sekarang masih dinilai sehat. Berbeda bila dibandingkan puluhan tahun yang lalu. Di mana ketika adanya liberalisasi, banyak orang berpikir membuat banyak bank maka menguntungkan.

“Ternyata teori keliru makin banyak bank makin menyusahkan. Makin terlibat luxurious masa lalu. Yang baik adalah banyak bank baik dan sehat. Bukan jumlahnya tapi sehat dan kuatnya kita butuhkan. Begitu juga lembaga lain asuransi dan lembaga keuangan lainnya,” tuturnya. (*)

 

 

Editor: Paulus Yoga

Related Posts

News Update

Top News