Pemerintah Tunjuk Modalku Jadi Mitra Distribusi Surat Utang SBR004

Pemerintah Tunjuk Modalku Jadi Mitra Distribusi Surat Utang SBR004

Jakarta Platform pinjaman digital Modalku dipercaya sebagai salah satu mitra distribusi surat utang negara (SUN) atau Savings Bond Ritel (SBR) seri SBR004 oleh pemerintah. Modalku akan mendukung distribusi SBR004 dengan mengandalkan kecepatan sistem teknologi Fintech dalam mengadopsi Savings Bond Ritel menjadi produk yang ditawarkan.

Head of Strategic Investors Modalku, Cindyana Laksana mengatakan, surat utang seri SBR004 yang diterbitkan oleh pemerintah ini untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan Indonesia sekaligus menjadi wadah investasi yang mudah, terjangkau, dan menguntungkan. Semua dana yang diterima melalui penerbitan SBR004 akan digunakan untuk membiayai aktivitas pendidikan di Indonesia.

“Kami antusias untuk berkontribusi dalam mendukung kegiatan pemerintah melalui penjualan SBR004. Ini menjadi kesungguhan kami menopang perkembangan ekonomi melalui ranah teknologi finansial. Dengan tingkat pendidikan yang berkualitas, tingkat kesejahteraan meningkat dan kemiskinan menurun,” ujar Cindyana dalam keterangannya, di Jakarta, Selasa, 21 Agustus 2018.

SBR004 merupakan seri lanjut dari instrumen pembiayaan negara yang ditawarkan ke individu atau perseorangan Warga Negara Indonesia. Pengembangan sistem penjualan SBR Ritel secara online menjadi salah satu langkah penting dalam mewujudkan partisipasi aktif masyarakat untuk berkontribusi bagi pembangunan tanah air melalui kegiatan investasi.

Untuk meningkatkan investasi di kalangan generasi muda, instrumen SBR004 dibuat dengan akses yang memudahkan anak milenial. SBR004 dijual melalui mekanisme online, dengan proses yang mudah. Investor bisa membeli SBR004 di mana saja, kapan saja selama masa penawaran 20 Agustus – 13 September 2018.

Baca juga: Pemerintah Terbitkan Surat Utang Ritel Dengan Kupon 8,05%

Peminat SBR004 hanya perlu melewati 4 langkah mudah, yakni melakukan registrasi melalui sistem elektronik yang disediakan oleh mitra distribusi seperti Modalku, Pemesanan, Pembayaran sesuai jumlah unit kupon yang dibeli, dan terakhir, Konfirmasi melalui perolehan Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN) dan notifikasi completed order.

Keuntungan investasi di SBR004 lainnya adalah tingkat kupon yang kompetitif, sebesar minimal 8,05 persen per tahun (mengacu pada BI 7 Days Reserve Repo Rate). Ada fasilitas early redemption yang memungkinkan investor menerima sebagian pelunasan pokok SBR004 sebelum jatuh tempo. SBR004 juga bersifat terjangkau karena pemesanan kupon bisa dimulai dari Rp1 juta.

Penerbitan surat utang SBR004 ini juga sejalan dengan pernyataan Bank Dunia bahwa meskipun perluasan akses pendidikan bagi masyarakat Indonesia telah meningkat, namun kualitas pendidikan tersebut masih rendah, terutama karena pendidikan yang kurang merata dan kurikulum yang belum sesuai dengan standar internasional.

Berdasarkan data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menunjukkan hal yang sama. Ranking skor IPA anak kelas 4 Indonesia dibandingkan negara-negara internasional adalah 45 dari 48, sedangkan di pelajaran matematika hanya masuk peringkat 45 dari 50. Sarana sekolah Indonesia pun belum mencukupi. 36 persen dari sekolah di Indonesia memerlukan perbaikan serius. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.