Pemasaran dan Entrepreneurship Kunci Keberhasilan Startup

Pemasaran dan Entrepreneurship Kunci Keberhasilan Startup

Jakarta–Semakin canggihnya teknologi digital memudahkan banyak pihak yang hendak membuka usaha rintisan atau startup. Namun demikian, banyak pula startup yang tumbang di tengah jalan karena tidak memiliki konsep marketing yang menarik. Sehingga perlu mencari tahu apa saja kunci keberhasilan startup.

Hermawan Kartajaya, Founder & Chairman MaskPlus Inc mengatakan, perkembangan startup saat ini memang bagus di mana Indonesia termasuk negara pionir di ASEAN, namun mayoritas sekitar 95 persen startup gagal di tengah jalan.

Baca juga: Bekraf Siap Topang Permodalan Startup

Menurutnya, upaya pemasaran saat ini harus bisa memahami customer journey di era digital. Yang patut diperhatikan, pelanggan sekarang hidup di era marketing saat ini pendekatan pemasaran yang mengintegrasikan interaksi online dan offline.

“Teknologi tuh sangat erat dengan pemasaran, contoh luasnya saja misal Pilkada, itu kan menggunakan teknologi untuk berkampanye atau memasarkan calonnya. Nah penggunaannya ini yang harus diperhatikan dengan niat baik atau tidak. Kalau dunia bisnis tentu ada sistemnya sendiri dalam pemasaran,” ujar Hermawan di sela event Wow Brand Festive di Jakarta, kemarin. (Bersambung ke halaman berikutnya)

Pages: 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published.