Ini Penjelasan OJK Soal Anjloknya IHSG

Ini Penjelasan OJK Soal Anjloknya IHSG

Jakarta–Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melihat anjloknya IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) pada perdagangan hari ini bersifat sementara.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK, Nurhaida mengatakan, anjloknya IHSG yang cukup signifikan yakni sebesar 3% merespon adanya perubahan kepemimpinan di negeri Paman Sam.

“Tadi pagi turun 3%, tapi gejolak yang terjadi sifatnya sementara, dimana hampir seluruh dunia mengalami penurunan karena memang jika ada gejolak salah satu dunia maka bisa berpengaruh ke kita,” kata Nurhaida di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat 11 November 2016.

(Baca juga: IHSG Dibuka Anjlok di Atas 1%)

Menurut Nurhaida, pergerakan naik turun pada laju IHSG merupakan hal yang biasa, tetapi tentunya OJK bersama Bursa Efek Indonesia akan tetap melakukan pemantauan dan akan melakukan sesuatu tindakan jika pelemahan yang terjadi sudah terlalu dalam.

“‎Kami mengawasi pasar lebih intens, OJK punya instrumen tindakan dan BEI juga memiliki instrumen,” tutur Nurhaida.

Lebih lanjut Nurhaida mengatakan, koreksi yang terjadi dapat dimanfaatkan oleh investor domestik untuk membeli saham-saham yang memiliki fundamental baik agar ke depannya mendapatkan keuntungan yang besar.

“Melihat IHSG itu harus jangka panjang, karena investasi di pasar modal itu bukan jangka pendek. Kami melihatnya dalam satu tahun atau bahkan lima tahun,” tutupnya. (*) Dwitya Putra

 

 

Editor: Paulus Yoga

Related Posts

News Update

Top News