MUFG Selesaikan Akuisisi 19,9% Saham Bank Danamon

MUFG Selesaikan Akuisisi 19,9% Saham Bank Danamon

Jakarta – PT Bank Danamon Indonesia, Tbk (Danamon) mengaku, pihak The Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ, Ltd. (MUFG), badan usaha perbankan dari Mitsubishi UFJ Financial Group, Inc telah menyelesaikan pembelian saham tahap I yang sudah diterbitkan oleh Bank Danamon.

Head of Corporate Communications Danamon, Atria Rai mengatakan, di tahap I ini MUFG telah membeli 19,9 persen dari total saham Danamon yang sudah diterbitkan dengan harga Rp8.323 per saham. Harga saham untuk tahap 1 didasarkan pada 3Q2017 price-to-book ratio dua, dengan memberlakukan penyesuaian tertentu.

“Bank Danamon telah menerima pemberitahuan pada tanggal 29 Desember 2017 dari pemegang saham utamanya, Asia Financial Indonesia (AFI) Pte. Ltd, MUFG telah menyelesaikan pembelian 19,9 persen dari total saham yang sudah diterbitkan oleh Danamon,” ujar Atria dalam keterangannya, di Jakarta, Jumat, 29 Desember 2017.

Sebagai informasi, setelah penyelesaian tahap 1, rencananya di tahap 2 MUFG akan membeli tambahan 20,1 persen saham dari total saham yang sudah diterbitkan oleh Danamon, dengan tunduk pada persetujuan regulator dan pihak lainnya yang relevan.

Setelah diselesaikannya tahap 2 tersebut, di tahap 3 MUFG bermaksud untuk mendapatkan persetujuan yang diperlukan untuk meningkatkan kepemilikannya di Danamon di atas 40 persen dari total saham yang sudah diterbitkan oleh Danamon. Hal ini akan memberikan kesempatan bagi pemegang saham Danamon lainnya untuk tetap menjadi pemegang saham atau menerima uang tunai dari MUFG.

Dengan dilaksanakannya tahap 3, kepemilikan MUFG dalam Danamon diharapkan akan menjadi lebih dari 73,8 persen dari total saham yang sudah diterbitkan oleh Danamon. Harga pembelian saham Danamon dalam tahap 2 dan tahap 3 akan memakai pendekatan yang mirip dengan tahap 1.

Tidak ada jaminan bahwa harga pembelian saham Danamon di tahap 2 dan tahap 3 akan lebih tinggi, lebih rendah atau sama dengan harga dalam tahap sebelumnya. Harga ini akan diungkapkan pada waktu yang tepat. Di sisi lain, AFI tetap menjadi pemegang saham yang signifikan selama proses ini berlangsung dan tetap memberikan dukungan penuh sebagai pemegang saham. (*)

Related Posts

News Update

Top News