Menteri Rini Geser Direktur PLN ke Pertamina

Menteri Rini Geser Direktur PLN ke Pertamina

Jakarta – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang dipimpin oleh Rini Soemarno memutuskan untuk memberhentikan Nicke Widyawati sebagai Direktur Pengadaan Strategis 1 PT PLN (Persero) dan digeser menjadi Direktur SDM di PT Pertamina (Persero).

Adapun keputusan tersebut dilakukan dengan penyerahan salinan keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-257/MBU/11/2017 tentang Pemberhentian Anggota Direksi PT PLN dan Salinan Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-256/MBU/11/2017 tentang Pengangkatan Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pertamina.

Bertempat di lantai 7 Kantor Kementerian BUMN, Jalan Medan Merdeka Selatan No 13 Jakarta Pusat, acara dibuka oleh Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN Aloysius Kiik Ro pukul 13.30 WIB, dihadiri oleh Direksi dan Komisaris PT Pertamina (Persero) serta Pejabat dan Pegawai Kementerian BUMN.

Aloysius mengatakan bahwa Kementerian BUMN selaku pemegang saham berharap dengan dilengkapinya seluruh jajaran direksi di Pertamina mampu memberikan nilai tambah bagi perusahaan. Selain itu, direksi yang baru diharapkan dapat segera bersinergi dengan direksi lainnya.

Sebagaimana diketahui Pertamina merupakan salah satu BUMN terbesar di Indonesia. Dengan wilayah usaha meliputi seluruh Indonesia dan luar negeri dengan total aset ± US$49,76 miliar per 30 Sep 2017, di mana 21,8 persen nya merupakan aset tetap dan laba sebesar US$1,99 miliar.

“Pertamina memiliki peran vital bagi NKRI yaitu sebagai perpanjangan tangan pemerintah, Pertamina menyediakan produk bahan bakar bagi masyarakat Indonesia. Didukung ± 22 ribu karyawan yang bergerak di upstream, midstream, downstream dan supporting yang mendukung kinerja perusahaan,” ujar dia dalam keterangannya, di Jakarta, Senin, 7 November 2017.

Peran yang strategis tersebut, kata dia, yang melatar belakangi pemisahan fungsi Direktorat Aset dan Manajemen SDM. Diharapkan Direktur Manajemen Aset saat ini dapat memberikan perhatian penuh dan fokus untuk dapat mengelola dan memonetisasi aset tetap sehingga memberikan kontribusi lebih besar kepada laba perusahaan.

Di tempat yang sama Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN Edwin Hidayat Abdullah menambahkan, sehubungan dengan penugasan Nicke Widyawati sebagai Direksi di Pertamina, bahwa penataan Direktur ini semoga memberikan dampak positif bagi PT PLN agar lebih maju dan lebih baik lagi. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.