Menkeu: Kualitas SDM Jadi Aset Penting Negara

Menkeu: Kualitas SDM Jadi Aset Penting Negara

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, bahwa saat ini pemerintah terus fokus untuk membangun dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM), dengan mengalokasikan anggaran untuk sektor pendidikan yang dinilai dapat mengangkat kualitas SDM nasional.

“Aset yang paling penting dari negara itu adalah manusia. Dan kualitas manusia harus jadi pusat perhatian kita,” ujar Sri Mulyani di Jakarta, Selasa 13 November 2018.

Dirinya mengungkapkan, di dalam Undang-Undang (UU), pemerintah diwajibkan untuk mengalokasikan sebesar 20 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk pendidikan. Dengan APBN yang meningkat setiap tahunnya, maka anggaran pendidikan juga terus naik.

“Artinya tahun ini kita habiskan Rp440 triliun untuk pendidikan saja. Sebagian dialokasikan untuk dana yang sifatnya dana abadi pendidikan yang dipakai untuk membayar beasiswa mahasiswa kita untuk bisa sekolah di universitas terbaik dunia,” ucap dia.

Lebih lanjut Sri Mulyani menambahkan, saat ini sudah ada sekitar 18 ribu mahasiswa yang telah mendapatkan beasiswa untuk kuliah di dalam dan luar negeri. Total ada tujuh ribu lulusan yang sudah menyelesaikan pendidikannya, dan sembilan ribu di antaranya masih dalam masa kuliah.

Menurut Menkeu, besarnya anggaran pendidikan yang dialokasikan pemerintah menjadi bukti bagaimana SDM ingin diperbaiki. Bahkan tahun depan anggaran pendidikan hampir mencapai Rp500 triliun, setara dengan total APBN yang dimiliki pemerintah 20 tahun lalu.

“Itu seluruh APBN jaman Pak Wagiman (Menteri Pendidikan 1993-1998) RP500 triliun. Sekarang hanya untuk pendidikan kita. Kita perlu itu karena kualitas SDM kita perlu diperbaiki. Kita ada di 0,53 persen, itu ranking 87 dari 157 negara,” tutup Menkeu. (*)

Related Posts

News Update

Top News