Membedah Makna Kemenangan Trump
Page 2

Membedah Makna Kemenangan Trump

Sebelumnya, mantan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Mahendra Siregar menanggapi serius hasil Pemilu Presiden (Pilpres) Amerika Serikat (AS).

Seraya tidak ingin membuat pasar panik ia mengungkapkan kemenangan Donald Trump tidak terlalu signifikan mempengaruhi kondisi global, khususnya untuk jangka panjang. Pasalnya apa yang disampaikan Donald Trump saat kampanye kemungkinan bisa berubah.

“Saya rasa tidak banyak berubah. Apa yang saya baca dalam tanda kutip, retrorika kampanye biasanya dilakukan hanya untuk memenangkan suara. Setelah menang kini bagaimana nantinya tugas Donald Trump menyatukkan negaranya yang kita lihat cukup terbelah belakangan ini. Kemudian Donald Trump harus menyampaikan posisinnya lebih jeelass kepada dunia, karena Amerika negara yang penting,” jelasnya di Bali, kemarin.

Begitu juga di pasar modal, menurutnya anjloknya posisi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akibat Sentimen negatif dari hasil Pemilu Presiden (Pilpres) Amerika Serikat (AS) hanya sementara.

(Baca juga : Sentimen Donald Trump Diharap Tak Ganggu Ekonomi RI)

Hal ini mengacu ketika Ingris menyatakan keluar dari zona Eropa, dimana pasar hanya merespon kondisi tersebut untuk jangka pendek.

“Saya melihat itu hanya shock effect, sama seperti saat brexit. Baik poling, analis, komentator tidak cukup siap untuk melihat ini,” jelasnya. (*) Dwitya Putra

 

 

Editor: Paulus Yoga

Related Posts

News Update

Top News