Membedah Makna Kemenangan Trump

Membedah Makna Kemenangan Trump

Jakarta – Pemberitaan Pemilu Presiden (Pilpres) Amerika Serikat (AS) ramai diperbincangkan di media massa beberapa hari terahir, dan menjadi perdebatan khalayak ramai. Apalagi setelah berbagai survei yang menunjukkan kemenangan Hillary Clinton sama sekali salah, sehingga sangat mengejutkan dunia. Menjadi menarik manakala kita membedah makna kemenangan Trump (Donald Trump).

Opini pun bermunculan, dan bahkan ada yang menganggap seolah-olah ekonomi dunia akan hancur pascahasil Pilpres AS yang dimenangkan oleh Donald Trump. Hal ini seiring pernyataan-pernyataan kontrovesial yang dilontarkan Trump saat kampannye.

Lalu apa sebenarnya makna kemenangan Trump? Mari kita membedah makna kemenangan Trump.

Analyst Forextime, Lukman Otunuga mengatakan ketidakpastian dan Donald Trump sepertinya memiliki hubungan simbiosis dan ini sangat mengganggu sentimen global. Ada kekhawatiran besar bahwa Trump berpotensi memicu kekacauan politik dan global dalam situasi finansial yang rapuh dan penuh kegelisahan investor.

Ancaman Trump untuk membatalkan sejumlah kesepakatan perdagangan penting membuat masyarakat tegang dan retorika antiMeksiko Trump juga terus menekan kurs Peso dan ekonomi Meksiko.

Pasar berkembang terancam menghadapi kejutan yang tidak menyenangkan di masa mendatang karena penghindaran risiko dapat memicu aksi jual besar-besaran lagi. Kondisi ini yang mungkin harus dibayar dengan harga mahal di masa mendatang.

“Banyak pertanyaan yang belum terjawab dalam periode ketidakpastian yang sensitif ini dan begitu banyak pergerakan eksplosif yang berpotensi terjadi seiring dengan upaya pasar untuk memahami kenyataan terkait kemenangan Trump saat ini,” kata Lukman di Jakarta, Kamis, 10 November 2016. (Selanjutnya: Kemenangan Trump belum tentu berdampak signifikan)

Pages: 1 2

3 Responses to "Membedah Makna Kemenangan Trump"

  1. Pingback: Sentimen Donald Trump Diharap Tak Ganggu Ekonomi RI | Infobanknews

  2. Pingback: IHSG Dibuka Anjlok di Atas 1% | Infobanknews

  3. Pingback: Efek Donald Trump, Pelaku Pasar Cenderung Wait and See | Infobanknews

Leave a Reply

Your email address will not be published.