Manfaat Dana Haji untuk Infrastruktur Lebih Besar

Manfaat Dana Haji untuk Infrastruktur Lebih Besar

Jakarta–Penggunaan dana haji untuk sektor infrastruktur dinilai lebih menguntungkan dibandingkan hanya tersimpan di bank.
Hal itu diungkapkan Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution pada acara “Kawasan Ekonomi Khusus: Tinta Kemerdekaan dari Pinggiran” di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa, 1 Agustus 2017.

Darmin menilai, dana haji merupakan dana yang disimpan dalam jangka panjang, sehingga akan lebih baik digunakan untuk hal produktif. “Yang pasti dana seperti ini kan besar, kalau ditaruh saja di deposito berapa bunganya hanya 5-6 persen. Kalau infrastruktur paling sedikit keuntungannya 12-13 persen. Itu profit-nya lebih gede,” jelas Darmin.

Baca juga: Penggunaan Dana Haji untuk Proyek Infrastruktur Terus Dikaji

Darmin menambahkan, keuntungan akan lebih besar kalau diterbitkan obligasi yang dipakai untuk pembiayaan pembangunan infrastruktur. “Itu bukan pembiayan ditaruh begitu saja, harus dibuat surat obligasi sehingga akan menerima return sebulan pasti lebih tinggi dari Surat Utang Negara, bagi hasil atau saham.” Tambah darmin.

Sebagai informasi, hingga 2016 total dana haji yang terkumpul mencapai Rp95,2 triliun. Ada tiga model investasi yang dilakukan yaitu surat utang negara (SUN) sekitar Rp134 miliar. Kemudian untuk deposito berjangka syariah sebesar Rp54,57 triliun. Dan terakhir, diterbitkan surat berharga syariah negara Rp36,7 triliun.

Darnmin juga seakan membandingkan keadaan dalam negeri dengan Malaysia yang sudah lebih dulu menggunakan dana haji sebagai modal untuk proyek yang menguntungkan seperti investasi lahan pertanian. “Di Malaysia mengerjakan itu sejak dahulu, sekitar 20-30 tahun lalu. Dana hajinya dipakai ke infrastruktur. Tidak ke pasar modal saja,” paparnya. (*)

 

 

Editor: Paulus Yoga

Related Posts

News Update

Top News