Kimia Farma Mulai Pembangunan Pabrik Baru di Bekasi

Kimia Farma Mulai Pembangunan Pabrik Baru di Bekasi

Jakarta–PT Kimia Farma (Persero) Tbk memulai pembangunan pabrik bahan baku obat atau Active Pharmaceutical Ingredient (API) di Cikarang, Bekasi.

Pembangunan ini sebagai tindak lanjut dari kerja sama dengan pembentukan Joint Venture (JV) Company antara KF dengan PT Sungwun Pharmacopia Indonesia perwakilan dari Sungwun Pharmacopia Co. Ltd dari Korea Selatan, yaitu dengan didirikannya anak perusahaan baru PT Kimia Farma Sungwun Pharmacopia pada 25 Januari 2016.

Pabrik ini sendiri memiliki luas 5.000 m2 dari 6 Ha dan diperkirakan akan selesai pada akhir tahun 2017. Adapun untuk komersialisasi hasil produksi bahan baku obat aktif ini, direncanakan pada awal tahun 2018.

“Adapun untuk komersialisasi hasil produksi Bahan Baku Obat Aktif (API) ini, direncanakan pada awal 2018 mendatang,” kata Direktur Utama Kimia Farma, Rosdi Rosman dalam siaran persnya, Senin, 10 Oktober 2016.

Selain memproduksi Bahan Baku Obat Aktif (API), pabrik ini juga akan memproduksi High Function Chemical (HFC) yang dapat digunakan sebagai bahan baku kosmetika dan food suplement, yang seluruh hasil produk HFC ini akan di ekspor ke Korea, Jepang dan Amerika.

Hal ini sejalan dengan Program Pemerintah yaitu Program Kemandirian Bahan Baku Obat Nasional yang tertuang dalam Roadmap Kementerian Kesehatan serta didukung dengan adanya Paket Kebijakan Ekonomi XI serta Instruksi Presiden RI No. 6 Tahun 2016 tentang Percepatan Pengembangan Industri Farmasi dan Alat Kesehatan. (*) Dwitya Putra

 

 

Editor: Paulus Yoga

Related Posts

News Update

Top News