Jaga Keseimbangan Fiskal, Pemerintah Waspadai Ledakan Penduduk

Jaga Keseimbangan Fiskal, Pemerintah Waspadai Ledakan Penduduk

Jakarta–Memperingati Hari Kependudukan Dunia 2017 yang jatuh pada 11 Juli setiap tahunnya, Menteri PPN/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro menyatakan, Indonesia perlu menjaga keseimbangan pertumbuhan penduduk di masa mendatang.

“Pemerintah perlu strategi khusus dalam menjaga keseimbangan pertumbuhan penduduk, mengingat tren penurunan penduduk dan populasi di masa mendatang dapat memengaruhi keseimbangan fiskal negara,” ujarnya di Gedung Bappenas, Selasa, 11 Juli 2017.

Kementerian PPN/Bappenas sendiri menyelenggarakan Diskusi Hari Kependudukan 2017 yang mengangkat tema “Demografi Indonesia: Masa Depan yang Diinginkan” di Gedung Bappenas, hari ini.

Diskusi dihadiri United Nations Population Fund (UNFPA), Badan Pusat Statistik (BPS), Badan Kependudukan dan Keiuarga Berencana Nasionai (BKKBN), Kementerian Kesehatan, Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan Universitas Gajah Mada, serta para pemangku kepentingan lainnya.

Saat ini, kondisi kependudukan antarprovinsi di Indonesia dinilai sangat bervariasi. Di mana angka Kelahiran Total (Total Fertility Rate/TFR) per wanita usia subur (15-49 tahun) di sebagian provinsi, meliputi Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Barat, dan Sumatera Utara, masih menyentuh angka cukup tinggi, yakni di atas 2,5.

Sementara, di beberapa provinsi Iainnya seperti DKI Jakarta, Jawa Timur, dan DI Yogyakarta, TFR telah mencapai angka yang cukup rendah, yaitu di bawah 2. Pada 2015, Survei Penduduk Antar Sensus (SUPAS) yang dilaksanakan Badan Pusat Statistik mencatat angka 2,28. (Bersambung ke halaman berikutnya)

Related Posts

News Update

Top News