Investor Sambut Positif Deklarasi Jokowi-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019

Investor Sambut Positif Deklarasi Jokowi-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menggandeng Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Ma’ruf Amin sebagai calon Wakil Presidennya di pemilu 2019-2024.

Hal tersebut telah dideklarasikan Jokowi di Restoran Plataran Menteng, Jakarta Pusat dan dihadiri oleh seluruh ketum parpol Koalisi Indonesia Kerja serta para pendukung Jokowi.

Bagaimana respon pelaku pasar akan peta politik ini? Apakah akan positif atau justru sebaliknya?

Hal ini tentu masih menjadi tanda tanya besar apakah pelaku pasar menyukai pasangan calon Wakil Presiden dan Presiden yang diumumkan oleh partai koalisi Indonesia Kerja ini.

Salah satu investor di pasar modal, Alex Marco mengatakan, dirinya secara pribadi gembira dengan deklarasi yang diumumkan oleh Jokowi terkait pendampingnya.

Pasalnya, dengan menggandeng KH Ma’ruf Amin sebagai calon Wakil Presidennya, diharapkan dapat meminimalisir isu-isu sara berbau agama di pilpres 2019.

Hal ini akan mengurangi kekhawatiran investor kedepan akan kondisi keamanan di pilpres tahun depan.

Baca juga: Ekonom: Pertarungan Pilpres 2019 Lebih Sengit Jika Ada Poros Ketiga

“Saya sangat senang dengan hasil deklarasi yang diumumkan oleh Jokowi. Pasalnya keduanya akan menjadi pasangan yang nasionalis dan agamais,” kata Alex kepada Infobank, Kamis, 9 Agustus 2018.

Disisi lain, Analis Binaartha Parama Sekuritas, Muhammad Nafan Aji, mengatakan yang terpenting saat ini buat pelaku pasar yakni kepastian.

Secara sentimen, dengan adanya kepastian siapa pasangan di pilpres 2019-2024, pelaku pasar lebih percaya diri masuk ke pasar modal.

Apa lagi lanjutnya setelah Jokowi mendeklarasikan pendampingnya di pilpres tahun depan. Diharapkan, kabar deklarasi pasangan pilpres 2019 malam ini, dapat berimbas positif ke pasar esok hari.

“Buat pelaku pasar yang penting kepastian. Bila dilihat secara fundamental, tentu IHSG besok berpotensi menguat, didukung oleh kondisi ekonomi yang masih stabil dan ekspetasi positif akan deklarasi pasangan calon Wakil Presiden dan Presiden di pilpres 2019,” jelas Nafan.

Kini pengumuan selanjutnya yang masih ditunggu yakni, siapa pendamping Prabowo Subianto di bursa pemilu 2019-2024. Terakhir kabar terhangat Prabowo akan berpasangan dengan Sandiaga Uno.

Rencananya kubu Prabowo akan mengumumkannya malam ini setelah pengumuman pasangan Jokowi dan Ma’ruf Amin. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.