Ini Langkah BI dan MUI Dorong Bisnis Syariah
Page 2

Ini Langkah BI dan MUI Dorong Bisnis Syariah

Pertama, pengembangan usaha syariah, mulai dengan peningkatan peningkatan pembiayaan UMKM hingga usaha besar yang berbasis syariah. Kedua, BI dan MUI melalui Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) akan menggagas peningkatan produk keuangan syariah. “Dengan begitu bisa menjadi pilihan bagi para investor,” ucap Agus.

Dan ketiga, BI dan MUI sepakat untuk menjaga Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) dari sentimen sektor syariah. “Jangan sampai neraca pembayaran terganggu karena banyak permintaan barang dan jasa halal syariah yang kemudiam kita tidak bisa penuhi, jadi malah meningkatkan impor, jadi menjadi tekanan neraca pembayaran,” katanya.

Baca juga: Tiga Pilar Strategi Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah

Sementara itu, di tempat yang sama Ketua MUI Kyai Haji Maruf Amin menambahkan, bahwa sudah saatnya ekonomi syariah berjaya di Indonesia. Sebenarnya, kata dia, MUI dan pemerintah pernah menggagas pemberdayaan ekonomi syariah dengan kebijakan pengembangan dari atas ke bawah.

“Tapi kenyataannya yang dari atas ini ha bocor bocor ke bawah, jadi kebijakan ini harus kita balik, dari bawah baru ke atas, jadi umat itu jadi pilar utama dalam pengembangan ekonomi syariah,” tutupnya. (*)

 

 

Editor: Paulus Yoga

Related Posts

News Update

Top News