Ikuti Laju Bursa Global, IHSG Dibuka Naik

Ikuti Laju Bursa Global, IHSG Dibuka Naik

Jakarta–Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat 39,30 poin atau 0,70 persen ke level 5.471,6 pada perdagangan Kamis, 16 Maret 2017. Sementara Indeks LQ45 melonjak 13,07 poin atau 1,46 persen ke level 911,51.

Penguatan bursa global dorong posisi Indeks pagi ini bergerak signifikan, setelah dalam beberapa hari bergerak datar akibat penuh ketidakpastian.

Mengutip riset Samuel Sekuritas Indonesia, pasar AS sendiri ditutup menguat semalam di tengah keputusan Fed menaikan suku bunga acuannya 25 bps sesuai ekspektasi, dengan target dua kali lagi kenaikan pada tahun ini.

Investor juga menyaksikan data inflasi yang dilaporkan sebesar 2,7 persen secara setahunan di Februari 2017 dibanding 2,5 persen di Januari 2017. Penguatan juga terjadi di pasar Eropa kemarin, seiring sentimen positif yang sama.

Sementara itu indeks dolar AS melemah dan harga emas mengalami kenaikan. Harga minyak dunia menguat ditengah proyeksi crude deficit dari IEA serta data crude stocks yang tercatat turun.

The Fed sendiri berpotensi kembali menaikkan suku bunganya dua kali lagi sesuai rencana di tengah optimisme dan proyeksi stabilnya perbaikan pasar tenaga kerja AS. (*)

 

 

Editor: Paulus Yoga

Leave a Reply

Your email address will not be published.