HIPPI: UMKM Dapat Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

HIPPI: UMKM Dapat Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

Jakarta–Ketua Umum Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI), Suryani Sidik Motik menilai, pemerintah harus memberdayakan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk menanggulangi penurunan daya beli masyarakat.

“Saya melihat UMKM bisa dijadikan untuk solusi menaikkan PDB dan meningkatkan daya beli sedang turun, karena jumlahnya yang cukup signifikan,” ungkap Suryani di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Senin, 14 Agustus 2017.

Dirinya menambahkan, UMKM memiliki peran penting dalam meningkatkan daya beli masyarakat karena telah berkontribusi sekitar 60 persen terhadap konsumsi rumah tangga. “Dan perkuat daya beli UMKM bisa hangatkan ekonomi kembali,” tutur Suryani.

Baca juga: Gaya Hidup Saat Ini Turunkan Daya Beli

Selain itu, pada kesempatan tersebut dirinya juga menanggapi isu bahwa adanya pergeseran pembelian dari konvensional ke online.

“Pemerintah harus realistis, kalau daya beli turun karena pindah ke online mana mungkin. Soalnya online ambilnya juga dari produsen konvensional,” jelasnya.

Menurut catatan Badan Pusat Statistik, konsumsi rumah tangga sebagai sumber pertumbuhan ekonomi selama kuartal kedua 2017 tercatat sebesar 4,95 persen (year on year/yoy), pertumbuhannya cenderung melambat dibandingkan kuartal sebelumnya yang tumbuh 4,94 persen (yoy). (*)

 

 

Editor: Paulus Yoga

151 total views, 2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published.