First Media Alokasikan Dana Rp900 Miliar Buat Capex

First Media Alokasikan Dana Rp900 Miliar Buat Capex

Jakarta–Perusahaan induk investasi strategis dan inkubator industri teknologi, media dan telekomunikasi (TMT) yang tergabung dalam Lippo Grup, PT First Media Tbk (KBLV) akan mengalokasikan dana sebesar Rp800 miliar hingga Rp900 miliar untuk belanja modal (capital expenditure/capex).

Wakil Presiden Direktur First Media, Irwan Djaja mengungkapkan bahwa capex tahun ini tidak lebih besar dibandingkan dengan capex tahun lalu yang sebesar Rp1 triliun.

“Tahun lalu investasi kita paling besar di capex di PT Internux (PTI) atau Bolt, pembangunan jaringan roll out BTS kita sampai 3.700 BTS sampai akhir tahun 2015, dibandingkan thn sebelumnya 2.500 BTS. Kemudian kita lakukan investasi di bioskop dan beberapa anak usaha kita investasi jaringan in house dan jaringan infrastruktur lain,” jelasnya, di Jakarta, Jumat, 15 April 2016.

Namun, tahun ini perseroan menyatakan akan lebih memfokuskan diri untuk melakukan penambahan jaringan bioskop Cinemaxx melalui anak usahanya PT Cinemaxx Global Pacific (CGP).

Rencananya perseroan akan menambah sebanyak 116 layar bioskop Cinemaxx. Dimana, hingga akhir tahun 2015 perseroan telah memiliki sebanyak 74 layar di 10 lokasi yang tersebar di empat kota.

“Jumlah penonton juga terus bertambah. Di 2016 kita cukup lanjutkan roll out. Tahun ini kita akan miliki 190 screen di 35 lokasi yang ada di 26 kota. Untuk Internux sudah sampai 3.700 BTS penambahan tahun ini akan stable down tidak signifikan dibandingkan tahun lalu. Tapi bioskop yang akan lebih cepat,” terangnya.

Meski begitu, perseroan juga akan melakukan penambahan BTS sebanyak 200 BTS lagi. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kapasitas layanan internet perseroan.

“Dalam round up 4G jaringan diperluas untuk tambah coverage kemudian untuk tambah kapasitas di area layanan yang sudah ada. Kami rasa yang sudah kami miliki sudah cukup. Tapi kami akan tambah BTS untuk tambah kapasita agar berikan layanan internet yang cepat, tahun  ini akan tambah 200 BTSs untuk terus mempertahankan posisi pemimpin pasar,” tambahnya.

Adapun, dana capex perseroan tahun ini rencananya akan diperoleh perseroan dari dana internal serta ditambah dengan dana dari pihak ketiga. (*) Dwitya Putra

 

Editor: Paulus Yoga

Related Posts

News Update

Top News