Investasi Bodong PT CSI Bakal Ditindak Empat Instansi

Investasi Bodong PT CSI Bakal Ditindak Empat Instansi

Jakarta–Kasus investasi Bodong PT CSI (PT Cakrabuana Sukses Indonesia) masih terus di selidiki oleh regulator. Dari hasil penyelidikan tersebut,  Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui Satgas Waspada Investasi akhirnya menetapkan bahwa kegiatan PT CSI yang berlokasi di Cirebon, Jawa Barat, termasuk kegiatan investasi bodong PT CSI yang melawan hukum (ilegal). Oeh karenanya akan dilakukan tindakan segera melalui instansi terkait.

Ketua Satgas Waspada Investasi, Tongam L. Tobing mengatakan, ada beberapa tindakan yang akan dilakukan oleh empat instansi terkait  terhadap kasus investasi Bodog PT CSI. Pertama, Kementerian Koperasi dan UKM akan melakukan pengawasan dan pemeriksaan terhadap Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) BMT Madani Nusantara dan KSPPS BMT Sejahtera Mandiri, mengingat kantor cabang KSPPS tersebut tidak memiliki izin tetapi digunakan PT CSI untuk menghimpun dana masyarakat, antara lain investasi emas dan tabungan (return sekitar 5% perbulan).

“Kedua, Bareskrim Polri segera meningkatkan penanganan kasus investais Bodong PT CSI ke penyidikan dengan mengedepankan 2 aspek, yaitu aspek pengamanan aset PT CSI dan aspek kejelasan pihak-pihak yang bertanggung jawab atas kegiatan PT CSI dimaksud guna kepentingan masyarakat,” ujarnya di Gedung OJK, Selasa, 1 November 2016.

Menurutnya, PT CSI telah dilaporkan oleh OJK dan satgas Waspada Investasi ke Bareskrim atas dugaan tindak pidana melakukan penghimpunan dana berdasarkan prinsip syariah tanpa izin usaha sebagaimana dimaksud pasal 59 UU 21/2008 tentang Perbankan Syariah. Hasil penyidikan Bareskrim diharapkan dapat menjerat PT CSI dengan  tindak pidana pencucian uang sesuai pasal 5 UU 8/2010 tentang Pencegahan Tindak Pidana Pencucian Uang. (Selanjutnya : Kemendag temukan dugaan penyalahgunaan SIUP)

Pages: 1 2

643 total views, 6 views today

6 Responses to "Investasi Bodong PT CSI Bakal Ditindak Empat Instansi"

  1. Rex   November 1, 2016 at 5:33 pm

    semoga cepat di tindak dan mengedepankan keamanan dana anggota-nya

    Reply
  2. Pingback: OJK Hentikan Kegiatan Pandawa Group | Infobanknews

  3. Pingback: Hindari Investasi Bodong, Ini Tips Penting Dari OJK | Infobanknews

  4. OjkKangenCSI   November 25, 2016 at 3:15 pm

    http://www.suaracakra.com/ojk-cirebon-berjanji-fasilitasi-pertemuan-kspps-bmt-csi-dan-swi/

    CIREBON, suaracakra.com- Keluarga Besar KSPPS BMT CSI membentuk Aliansi GERBEK (red-Gerakan Bela Ekonomi Keluarga) melakukan aksi damai di dua Intansi Negara diantara DPRD Kabupaten Cirebon dan OJK Kota Cirebon, aksi ini berlangsung pada kamis (24/11/2016) Jam 08.00 WIB hingga Jam 15.00 WIB.

    Titik kumpul Aksi unjuk Rasa yang diikuti Ratusan Anggota BMT CSI ini ialah di Depan Kantor DPRD Cirebon untuk melakukan Orasi serta mediasi, namun tidak satupun anggota dewan yang hadir di Gedung DPRD, hanya difasilitasi oleh perwakilan DPRD yang menjanjikan untuk melakukan mediasi dilain waktu.

    Usai dari DPRD, Keluarga Besar BMT CSI yang tergabung didalam GERBEK melanjutkan aksi damainya ke Kantor Bank Indonesia dan OJK di Kota Cirebon, aksipun berlangsung dengan damai dan melakukan pertemuan mediasi kepada pihak BI serta OJK.

    Dipertemuan ini Muhammad Lutfi selaku Ketua OJK Cirebon menyampaikan bahwa persoalan ini bukan ditangani oleh OJK, tetapi ditangani oleh Satgas Waspada Investasi. Mendengar pernyataan ini Anggota KSPPS BMT CSI yang ikut beraudisensi menegaskan bahwa SWI merupakan gabungan dari beberapa elemen negara diantaranya ialah OJK, artinya SWI juga bagian dari OJK.

    Kegerahan Anggota BMT CSI atas tuduhan dan fitnah-fitnah yang selama ini disampaikan dari berbagai media membuat Koperasi berbasis Syariah ini marah, pasalnya sudah 5 tahun belakangan ini selalu diisukan dan dianggap sebagai usaha bodong. Awalnya ketika di isukan negative BMT CSI tidak begitu mempedulikan karena BMT CSI mengutamakan pekerjaan-pekerjaan skala prioritas.

    “sudah 5 tahun kita diisukan, dan kini kita menuntut keadilan” ujar salah satu anggota KSPPS BMT CSI.

    Audiensi bersama pihak BI dan OJK menghasilkan pertemuan lanjutan kepada pihak Satgas Waspada Investasi (SWI) di Jakarta, yang dilaksanakan pada tanggal 29 November 2016 mendatang.

    Reply
  5. Sadar Dong   January 4, 2017 at 9:42 pm

    Semoga Masyarakat Jangan Tergiur dengan BUNGA 5-10%… JAngan Mencari Kekayaan Dengan Investasi Yang Gak Jelas…. (Mengharap Bunga Gede)..
    Mau Kaya…..Ya Kerja/Usaha………. Gak USah Nyimpen Di Perusahaan Bodong…… Banyak BANK yaang Sudah berumur Lebih Dari 20 tahun (lebih aman karna di dalam pengawasan OJK dan dijamin LPS)…………

    Reply
  6. Mikir Dong   January 12, 2017 at 3:47 am

    Berapa sih suku bunga tertinggi deposito Bank di negara kita?
    ini ga seimbang dengan modal yg kita depositokan.
    Wajar saja banyak yg lari ke investasi yg bagi hasilnya jauh lebih besar dari suku bunga deposito di setiap Bank walaupun memang beresiko.
    Seharusnya Bank bisa mengimbangi pemberian suku bunga dari nominal modal yg di miliki oleh setiap depositor.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.