BPS: Kenaikan Harga BBM Dikhawatirkan Dongkrak Inflasi 2018

BPS: Kenaikan Harga BBM Dikhawatirkan Dongkrak Inflasi 2018

Jakarta– Adanya kenaikan harga BBM non-subsidi pada Sabtu, 24 Februari 2018 lalu dikhawatirkan akan meningkatkan angka inflasi pada tahun 2018.

Hal tersebut disampaikan oleh Deputi Bidang Statistik, Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS) Yunita Rusanti setelah menghadiri konferensi pers perkembangan Indeks Harga Konsumen (Inflasi) di kantor pusat BPS Jakarta. Dirinya menyebutkan, Pertamina harus berhati-hati untuk melakukan penyesuaian harga.

“Pada Februari 2018 saja kenaikan harga BBM telah memberikan andil terhadap inflasi sebesar 0,02 persen. Jika beberapa waktu mendatang harganya kembali naik, maka dampaknya terhadap inflasi akan semakin besar,” ungkap Yunita di Kantor Pusat BPS Jakarta, Kamis 1 Maret 2018.

Baca juga: BI Antisipasi Tekanan Inflasi Akibat Kenaikan Harga BBM

Dirinya menilai, walau telah terjadi kenaikan harga minyak dunia namun pemerintah telah memastikan untuk tidak menaikan harga premium. Sebagaimana diketahui, hingga Minggu ini saja tren kenaikan harga minyak dunia yang menyentuh USD60 hingga USD 65 per barel.

“Kita lihat saja, kalau bulan depan ada kenaikan ya otomatis termonitor di inflasi. Akan tergambar kalau bulan depan naik lagi. Kan harga BBM naik terus,” tukas Yunita. (*)

Related Posts

News Update

Top News