Antisipasi Kepadatan Arus Mudik, Kemenhub Terapkan Skema Transportasi

Antisipasi Kepadatan Arus Mudik, Kemenhub Terapkan Skema Transportasi

JakartaKementerian Perhubungan (Kemenhub) menjanjikan pelaksanaan mudik lebaran 2018 akan berjalan dengan lancar dan aman. Oleh karena itu, salah satu upaya yang dilakukan Kemenhub dalam mengantisipasi mudik lebaran ialah membuat tiga skema khsus angkutan mudik diantaranya darat, laut dan udara.

“Bila kelompok darat, tentu tak terlepas dari kereta api. Kami sudah berkoordinasi dengan KAI (PT Kereta Api Indonesia) untuk memberikan tambahan kira-kira 4 persen hingga 5 persen di atas kapasitas,” ungkap Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Hotel Ritz Carlton Kuningan Jakarta, Senin 19 Maret 2018.

Selain itu guna mengantisipasi kepadatan di jalur darat, pihaknya juga telah menyiapkan transportasi umum jalur laut dengan menyiapkan 20 kapal perintis yang akan dioperasikan ke berbagai daerah sebagai angkutan mudik gratis.

Baca juga: BI-Kemenhub Sepakati Integrasi Pembayaran Elektronik Transportasi

Sementara pada jalur udara, pihaknya mengaku akan mengaktifkan bandara kecil didaerah guna menghindari kepadatan arus mudik dan arus balik lebaran tahun ini.

“Udara kami sudah temukan skemanya jadi kita akan mengoperasikan bandara daerah pulau beroperasi sampai 24 jam. Tujuannya, agar rotasi pesawat yang kembali ke Jakarta lebih leluasa,” tambah Budi.

Budi menyebut, pihaknya juga telah berkordinasi dengan pihak kepolisian dan juga kementerian lain guna mensukseskan kelancaran mudik lebaran 2018.

Dirinya juga mengimbau kepada masyarakat untuk dapat melakukan mudik pada jauh jauh hari sebelum lebaran guna mengantisipasi kepadatan lalulintas.

“Sudah ditetapkan libur masal 2 hari sebelum dan sesudah lebaran. Artinya ada libur 6 hingga 7 hari,  jadi yang membuat tekanan itu tidak pada satu hari menjelang lebaran,” tutup Budi.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.