ADB: Pertumbuhan Ekonomi RI Tak Seburuk Negara Lain

ADB: Pertumbuhan Ekonomi RI Tak Seburuk Negara Lain

Jakarta – Asean Development Bank (ADB) atau Bank Pembangunan Asia menilai, perekonomian Indonesia masih bisa berkembang lebih baik jika dibandingkan dengan negara-negara lain.

Demikian pernyataan tersebut seperti disampaikan oleh Deputy Country Director ADB for Indonesia, Edimon Ginting di Gedung Bank Indonesia (BI), Jakarta, Rabu, 23 Maret 2016. Menurutnya, untuk bisa mencapai itu, Indonesia harus memaksimalkan potensi dan peluang yang ada.

“Kalau kita bandingkan dengan negara lain, Indonesia enggak buruk. Masalahnya kita kan punya potensi lebih tinggi dan itu belum tercapai. Kalau kita melakukan hal yang lebih baik, potensi itu akan tercapai,” ujarnya.

Selain itu, dirinya juga mengakui, bahwa pihak ADB memiliki proyeksi petumbuhan ekonomi Indonesia yang lebih tinggi dari prediksi (Internasional Monetary Fund/IMF) atau World Bank. Dia menilai kondisi perekonomian Indonesia tahun ini akan lebih baik dari 2015.

“Saya bilang pertumbuhan ekonomi akan lebih bagus dibandingkan prediksi IMF dan World Bank, tahun lalu aja kita sudah bisa tumbuh 4,8% dengan perbaikan di awal tahun pertumbuhan ekonomi akan lebih bagus,” tukasnya.

Kendati demikian, kata dia, pertumbuhan ekonomi Indonesi di tahun ini tidak terlalu tinggi seperti yang di asumsikan pemerintah dalam APBN 2016 yang sebesar 5,3% sampai 5,5%.

“Karena kita tahu pemerintah itu sebagian proyeksinya belum merefleksikan apa yang terjadi terkini, barangkali ada beberapa hal yang perlu di adjust, dan melihat kondisinya yang sudah berubah,” tutup Edimon. (*)

Related Posts

News Update

Top News