Yuk Cari Tau, Apakah Imunisasi Anak dan Dewasa Berbeda?

Yuk Cari Tau, Apakah Imunisasi Anak dan Dewasa Berbeda?

Jakarta – Imunisasi yaitu proses yang membuat tubuh manusia terlindung dari suatu penyakit melalui proses vaksinasi. Namun apakah Imunisasi anak dan orang dewasa berbeda?

Mengutip situs satgas penanganan covid-19, Imunisasi pada anak sendiri dimulai dari sejak lahir hingga usia 18 tahun, sedangkan imunisasi untuk orang dewasa adalah pada orang yang berusia 19 tahun hingga lansia.

Secara umum imunisasi pada anak dan orang dewasa sama. Perbedaannya lebih pada jenis dan dosis vaksin, yang akan dijelaskan oleh dokter yang melakukan imunisasi.

Di masa pandemi covid-19 ini, imunisasi tetap dapat dilakukan dengan aman karena layanan kesehatan menerapkan protokol kesehatan. Ada juga layanan kesehatan yang memberikan layanan imunisasi ke rumah

Seperti diketahui, pandemi ini membuat banyak aktivitas harus ditunda, termasuk kunjungan ke dokter. Akibatnya, jadwal imunisasi juga tertunda. 

Banyak masyarakat yang bingung mengenai jadwal imunisasi di masa pandemi. Padahal, jika menunda imunisasi dikhawatirkan meningkatkan risiko penyakit lainnya. 

Imunisasi tetap bisa berjalan di masa pandemi, tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, mulai dari memakai masker, menjaga jarak hingga sering mencuci tangan.

Imunisasi sendiri picu pembentukan kekebalan (imunitas) tubuh. Oleh sebab itu imunisasi penting agar kita, keluarga, dan masyarakat dapat terhindar dari penyakit menular. (*)

Related Posts

News Update

Top News