Internasional

William Lai Ching-te dari Partai Progresif Demokratik Menang Pilpres Taiwan

Jakarta – William Lai Ching-te dari Partai Progresif Demokratik (DPP) yang berkuasa berhasil memenangkan pemilihan presiden (Pilpres) Taiwan, pada Sabtu (13/1). 

Ia sendiri bersaing dengan dua kandidat lain dalam pemilihan presiden, yaitu Hou Yu-ih dari kubu konservatif Kuomintang (KMT) dan mantan Wali Kota Taipei Ko Wen-je dari Partai Rakyat Taiwan (TPP), yang baru didirikan pada tahun 2019.

Dengan penghitungan suara dari semua TPS pada hari Sabtu, Komisi Pemilihan Umum Pusat mengatakan Lai menang dengan 40,1 persen, lebih tinggi dari Hou yang meraih 33,5 persen.

Hou mengakui kekalahan dan mengucapkan selamat kepada Lai atas kemenangannya. Ia juga meminta maaf kepada pendukung KMT karena tidak bisa mencopot DPP. Ko pun mengakui kekalahan.

Sementara, Lai mengucapkan terima kasih kepada rakyat Taiwan. Dia berjanji akan berpihak pada demokrasi.

“Saya ingin berterima kasih kepada rakyat Taiwan karena telah menulis babak baru dalam demokrasi kita,” kata Lai dalam pidato kemenangannya dikutip Al Jazeera, Minggu, 14 Januari 2024.

Baca juga: Mengenal Gabriel Attal, Perdana Menteri Prancis Termuda dengan Sederet Kontroversinya

“Kami mengatakan kepada komunitas internasional bahwa antara demokrasi dan otoritarianisme, kami akan berpihak pada demokrasi,” tambahnya.

Atas kemenangan tersebut, Lai mengharapkan kembalinya pertukaran yang sehat dan tertib dengan Tiongkok dan menegaskan kembali keinginannya untuk melakukan pembicaraan berdasarkan martabat dan kesetaraan.

Sebagaimana diketahui, China menganggap pesta demokrasi tersebut sebagai pilihan antara perang dan perdamaian. Hubungan kedua negara tersebut kurang harmonis. 

Taiwannya Tiongkok

Menanggapi kemenangan Lai, Juru Bicara Kantor Urusan Taiwan di Beijing, Chen Binhua mengatakan bahwa Taiwan masih menjadi bagian dari Tiongkok.

“Sikap kami dalam menyelesaikan permasalahan Taiwan dan mewujudkan ‘reunifikasi’ nasional tetap konsisten, dan tekad kami sekuat batu,” katanya dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh kantor berita negara Xinhua

Pernyataan itu mengatakan Tiongkok akan mematuhi prinsip satu Tiongkok dan dengan tegas menentang kegiatan separatis yang bertujuan untuk kemerdekaan Taiwan serta campur tangan asing.

Pemilihan umum di Taiwan mempunyai arti yang sangat penting karena status politik wilayah tersebut yang disengketakan. Meskipun mempunyai pemerintahan sendiri sejak tahun 1940an, Tiongkok masih mengklaim pulau tersebut dan wilayah sekitarnya dan tidak mengesampingkan penggunaan kekuatan untuk mencapai ambisinya.

Menjelang pemilu, Tiongkok mengecam Lai sebagai seorang separatis yang berbahaya. Menurutnya,  Lai akan menjadi ancaman bagi perdamaian di wilayah tersebut jika menang, dan menyebut pemilu tersebut sebagai pilihan antara “perdamaian dan perang”.

Baca juga: Menlu China Bakal Berkunjung ke PBB Pekan Depan, Mau Bahas Apa?

Dalam pidato kemenangannya, Lai mengatakan pulau dengan pemerintahan mandiri itu telah berhasil menggagalkan upaya untuk mempengaruhi pemungutan suara, yang tampaknya merupakan sebuah pukulan terhadap Tiongkok. 

“Rakyat Taiwan telah berhasil menolak upaya kekuatan eksternal untuk mempengaruhi pemilu ini,” katanya.

Lai menegaskan, dia berkomitmen terhadap perdamaian dan terbuka terhadap keterlibatan bersyarat dengan Beijing, sekaligus meningkatkan pertahanan pulau tersebut.

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

3 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

4 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

4 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

4 hours ago

Rayakan HUT ke-26, Bank Mandiri Luncurkan 5 Fitur dan Layanan Digital Terbaru

Komisaris Bank Mandiri Chatib Basri dan Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi saat meresmikan peluncuran… Read More

5 hours ago

BEI Catat 5 Saham Berikut Jadi Pemberat IHSG Pekan Ini

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) selama sepekan mengalami penurunan sebesar sebesar 2,61 persen… Read More

6 hours ago