Nasional

Waspada! Narkotika Fentanil Sudah Masuk ke RI, Efeknya Bikin Ngeri

Jakarta – Fentanil, menjadi salah satu jenis narkotika yang paling mematikan di dunia. Hal ini lantaran bisa menjadi penyebab kematian akibat overdosis. Fentanil sendiri memiliki efek mengerikan apabila dicampur xylazine sehingga disebut sebagai narkoba zombie. 

Di Amerika, fentanil menjadi momok menakutkan. Pasalnya, obat pereda nyeri itu menjadi penyebab krisis di AS. Pihak Gedung Putih pun sampai turun tangan memerangi memerangi peredaran obat tersebut yang dikendalikan kartel dari Meksiko. 

Celakanya, fentanil sudah terdeteksi masuk ke Indonesia. Badan Narkotika Nasional (BNN) bahkan telah melakukan rehabilitasi kepada penggunanya. Kendati begitu, pihaknya tidak merinci korban fentanil tersebut.

“BNN antisipasi saat ini sama seperti yang terjadi di Amerika Serikat, yaitu fentanil. Sudah ada direhab di BNN,” kata Kepala BNN Komjen Pol Petrus Reinhard Golose, dikutip Kamis (3/8/2023).

Baca juga: Peran Penting Keluarga dan Masyarakat dalam Pemulihan Pengguna Narkoba

Ia menjelaskan, narkoba fentanil yang ditemukan di Tanah Air tidak sama seperti yang ada di Amerika Serikat. Pasalnya, methamphetamin dari jenis narkoba fentanil itu dibuat di Myanmar dan masuk ke Indonesia melalui penyalahgunaan lewat industri farmasi.

“Methamphetamin yang di Myamar. Ini masih penyalahgunaan yang dibawa keluar melalui farmasi dan kita mulai monitor dan ini kita jaga,” pungkasnya. 

Efek Mengerikan Fentanil

Kasus kematian akibat overdosis fentanil di Amerika Serikat terjadi peningkatan tiga kali lipat. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) melaporkan, ada 107.735 warga AS meninggal antara Agustus 2021 dan Agustus 2022 akibat keracunan obat, dengan 66 persen kematian tersebut melibatkan opioid sintetik seperti fentanil.

Badan Penegakan Narkoba (DEA) Amerika Serikat pun memperingatkan masyarakat tentang peningkatan tajam perdagangan fentanil yang dicampur dengan xylazine. Dikenal juga sebagai ‘Tranq’, xylazine merupakan obat penenang yang kuat yang telah disetujui FDA AS untuk penggunaan hewan. 

Xylazine menjadi ancaman obat paling mematikan yang pernah dihadapi negara kita. Fentanil, bahkan lebih mematikan,” kata Kepala DEA Anne Milgram, mengutip situs resmi DEA. 

Baca juga: Phapros Cetak Pertumbuhan Penjualan 14,9 Persen, Dua Produk Obat Ini Penopangnya

Pihaknya sendiri telah menyita campuran xylazine dan fentanil di 48 dari 50 negara bagian. Sistem Laboratorium DEA melaporkan bahwa pada tahun 2022 sekitar 23 persen bubuk fentanil dan 7 persen pil fentanil yang disita oleh DEA mengandung xylazine.

Campuran obat xylazine dan fentanil menyebabkan penggunanya tingkat risiko lebih tinggi menderita keracunan obat yang fatal. Orang yang menyuntikkan campuran obat yang mengandung xylazine bisa mengalami luka parah, termasuk nekrosis atau pembusukan jaringan manusia yang dapat menyebabkan amputasi. (*)

Editor: Galih Pratama

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Diikuti 6.470 Pelari, PLN Electric Run 2024 Ditarget Hindari Emisi Karbon hingga 14 ton CO2

Jakarta - Sebanyak 6.470 racepack telah diambil pelari yang berpartisipasi dalam PLN Electric Run 2024… Read More

6 hours ago

Segini Target OJK Buka Akses Produk dan Layanan Jasa Keuangan di BIK 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membidik pencapaian Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2024 sekitar 8,7… Read More

7 hours ago

HUT ke-26, Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif untuk Siap Jadi Jawara Masa Depan

Jakarta - Merayakan usia ke-26, Bank Mandiri meluncurkan berbagai fitur dan layanan digital terbaru untuk… Read More

20 hours ago

KemenKopUKM Gandeng Surveyor Indonesia Verifikasi Status Usaha Simpan Pinjam Koperasi

Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menunjuk PT Surveyor Indonesia, anggota Holding BUMN IDSurvey,… Read More

21 hours ago

Bijak Manfaatkan Produk Keuangan, Ini Pesan OJK kepada Gen Z

Balikpapan - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica… Read More

21 hours ago

Jurus OJK Perluas Akses Keuangan yang Bertanggung Jawab dan Produktif di Balikpapan

Balikpapan – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) semakin memperluas akses keuangan masyarakat terhadap sektor jasa keuangan yang… Read More

21 hours ago