Wapres Ma’ruf Amin: Vaksinasi Hukumnya Fardu Kifayah

Wapres Ma’ruf Amin: Vaksinasi Hukumnya Fardu Kifayah

Jakarta – Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin telah menerima suntikan dosis pertama vaksin CoronaVac produksi Sinovac hari ini (17/02), di Kediaman Resmi Wapres, Jakarta. Bertindak sebagai vaksinator adalah dr. Dwi Edi Wahono, SpPd, KGH, dari Tim Dokter Kepresidenan.

Dalam konferensi persnya, Ma’ruf amin menyampaikan pesan bahwa vaksinasi aman untuk seluruh masyarakat dan juga bagi lansia. Dirinya juga mengatakan bahwa vaksinasi dalam hukum islam adalah fardu kifayah.

“Kalau menurut pandangan agama kita ini fardu kifayah, wajib untuk melakukan vaksin itu karena ini dalam rangka bahasa kyainya itu alithiraj annilwaba, menjaga daripada penyakit itu hukumnya wajib,” kata Ma’ruf melalui video conference di Jakarta, Rabu 17 Febuari 2021.

Dimana diketahui sebelumnya, pada 5 Februari lalu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengeluarkan persetujuan penggunaan darurat atau emergency use of authorization (EUA) vaksin CoronaVac untuk usia 60 tahun ke atas.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), persentase lansia yang terpapar Covid-19 di Indonesia sejumlah 10 persen, namun total yang meninggal karena Covid-19 mencapai angka 50 persen. Hal tersebut menunjukkan risiko besar bagi para lansia di dalam menghadapi wabah ini.

“Karena berbasis risiko. Kalau tenaga kesehatan risikonya tinggi karena sering dan banyak terekspos virus. Kalau lansia didahulukan karena risikonya tinggi, kalau terkena, kemungkinan fatalnya besar, ungkap Menkes Budi Gunadi Sadikin melalui keterangan resminya di Jakarta.

Berdasarkan tingkat risiko tersebut, pada tahap kedua vaksinasi Covid-19 yang secara resmi dimulai hari ini, Rabu (17/2), Pemerintah menargetkan akan melakukan vaksinasi COVID-19 kepada kelompok lansia dengan sasaran sebanyak 21,5 juta orang. Dimana sebelumnya, pada tahap pertama yang dimulai sejak 14 Januari silam Pemerintah melakukan vaksinasi kepada sumber daya manusia (SDM) kesehatan dengan sasaran sebanyak 1,46 juta jiwa.

Budi berharap, keikutsertaan Wapres yang telah berusia 77 tahun dalam program vaksinasi ini dapat memberikan contoh nyata uji klinis keamanan penggunaan vaksin kepada lansia bagi masyarakat luas. (*)

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

News Update

Top News