News Update

Waduh, Indonesia Terancam Kehilangan 600 Orang Kaya di 2022

Jakarta – Gejolak perekonomian dan situasi yang penuh dengan ketidapastian membuat perpindahan sebagian orang kaya atau high net worth individuals (HNWI) semakin tinggi di 2022. Data Henley Global Citizens Report menunjukkan Indonesia masuk 10 besar negara yang ditinggalkan oleh HNWI.

Adapun jumlah HNWI yang diperkirakan akan meninggalkan Indonesia mencapai 600 orang. Angka ini mencapai 1% dari keseluruhan proyeksi perpindahan orang tajir yang dikumpulkan oleh Henley Global di 2022.

Selain Indonesia, India juga masuk dalam 10 besar negara dengan jumlah migrasi orang kaya paling besar. Diperkirakan, ada 8 ribu orang kaya yang pergi di 2022. Selain itu, Rusia, China, dan Hongkong menjadi 4 teratas negara yang orang kayanya berencana pindah.

Lalu, mana negara-negara pilihan para miliarder dan orang kaya untuk pindah? Perkiraan paling tinggi ada di Uni Emirat Arab. Ada 4 ribu miliarder yang merencanakan akan pindah ke negeri di tengah gurun pasir itu.

Australia dan Singapura menjadi dua negara tujuan terbesar selanjutnya bagi para orang kaya untuk berpindah. Kedua negara tersebut diperkirakan akan kedatangan masing-masing 3,5 ribu dan 2,8 ribu. Bisa jadi, orang kaya atau kekayaan orang Indonesia bermigrasi ke Singapura.

Secara keseluruhan, perpindahan orang kaya tahun ini diperkirakan akan menjadi yang paling besar. Tercatat ada 88 ribu orang kaya yang berpindah tahun di 2022 Persentase peningkatan secara tahunannya mencapai 252% dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 25 ribu. (*)

Evan Yulian

Recent Posts

Perkuat Kemandirian Ekonomi Masyarakat Bali, BSI Resmikan Sentra UMKM Bedugul

Direktur Compliance and Human Capital PT Bank Syariah Indonesia tbk (BSI) Tribuana Tunggadewi memberikan sambutan… Read More

44 mins ago

OJK Restui Rencana Spin Off Unit Usaha Syariah Asuransi BRI Life

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyetujui rencana pemisahan atau spin off Unit Syariah Asuransi… Read More

1 hour ago

Malam Ini Tarif Tol Jakarta-Tangerang Naik, Cek Rinciannya di Sini!

Jakarta – Mulai Sabtu, 19 Oktober 2024, pukul 00.00 WIB, tarif tol Jakarta-Tangerang yang dikelola… Read More

1 hour ago

Sri Mulyani Bawa Kabar Buruk: Ketidakpastian Global Kembali Meningkat

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan memasuki akhir 2024 risiko ketidakpastian pasar keuangan global kembali… Read More

2 hours ago

Berikan Fleksibelitas Pembiayaan, Proyek Joint Venture Astra Land Indonesia dan Sinar Mas Land Gandeng 10 Bank Besar

Jakarta - PT Ruby Karya Sejahtera, perusahaan joint venture antara Astra Land Indonesia (ALI) dan… Read More

2 hours ago

Sri Mulyani Proyeksi Ekonomi Tumbuh 5,1 Persen di Akhir 2024

Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memperkirakan pertumbuhan ekonomi RI mencapai 5,1 persen secara… Read More

2 hours ago