Vaksinasi Lansia Mampu Turunkan Angka Kematian Hingga 50%

Vaksinasi Lansia Mampu Turunkan Angka Kematian Hingga 50%

Jakarta – Kelompok Lansia menjadi salah satu kelompok masyarakat yang paling rentan dalam menghadapi Covid-19 akibat tingkat kematiannya yang tinggi. Dokter Spesialis Penyakit Dalam/Vaksinolog Dirga Sakti Rambe mencatat pemberian vaksinasi bagi kelompok lansia merupakan langkah yangtepat karena mampu menurunkan angka kematian dengan signifikan.

“Ternyata, angka kematian di Inggris dan Israel berkurang 30% dan penularan turun 50%. Kita di Indonesia bisa melakukan hal yang sama,” jelas Dirga dalam diskusi virtual yang dikutip di Jakarta.

Kemudian, Dirga juga mengungkapkan bahwa vaksin yang diberikan pemerintah kepada masyarakat dari berbagai produsen sudah terbukti aman dan berkhasiat. Terlebih, keamanan setiap produsen vaksin sudah dijamin oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Untuk itu, masyarakat khususnya lansia tidak perlu takut akan vaksinasi Covid-19.

Lebih jauh, Dirga menambahkan bahwa setiap produsen vaksin memiliki kesamaan, yaitu tidak menggunakan virus Covid-19 yang hidup. Vaksin yang telah dimatikan ini ada dalam vaksin untuk merangsang antibodi terhadap virus yang sesungguhnya.

“Oleh karena itu, mustahil ada orang terinfeksi Covid-19 akibat vaksin Covid-19. Pada prinsipnya semua vaksin ini apalagi telah mendapatkan izin karena aman dan efektif dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM),” ujarnya. (*) Evan Yulian Philaret

Related Posts

News Update

Top News