Vaksin Masih Efektif Meski Ada Varian Baru Covid-19

Vaksin Masih Efektif Meski Ada Varian Baru Covid-19

Jakarta – Belum lama ini, dunia dikagetkan dengan laporan dari Inggris mengenai varian baru Covid-19 yang menular dengan lebih cepat. Meski demikian, Menteri Riset dan Teknologi (Menristek), Bambang Brodjonegoro memastikan bahwa vaksin tetap efektif meski terdapat varian virus Covid-19.

“Vaksin masih efektif meskipun ada varian dari Inggris. Ini pesan penting yang perlu kami sampaikan,” ujar Bambang pada diskusi virtual yang disiarkan melalui kanal YouTube BNPB Indonesia, yang dikutip Sabtu, 26 Desember 2020.

Pada kesempatan yang sama, Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito juga mengungkapkan hal senada bahwa vaksin masih efektif selama tidak ada perubahan yang mendasar. Menurutnya, kekebalan kelompok (herd immunity) masih bisa tercapai melalui vaksinasi atau sembuh dari virus Covid-19.

“Virusnya tetap virus Corona. Selama virus yang beredar tidak ada perubahan yang drastis, maka herd immunity melalui vaksin masih bisa tercapai,” jelas Wiku.

Satgas juga terus menghimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan ditengah peningkatan angka kasus aktif selama pandemi. Pelaksanaan 3M akan menelan angka penularan Covid-19 dan membantu penanganan pandemi. (*) Evan Yulian Philaret

Related Posts

News Update

Top News