Transformasi Digital Terintegrasi Dorong Bisnis Naik Level

Transformasi Digital Terintegrasi Dorong Bisnis Naik Level

Jakarta – Pengembangan teknologi informasi (TI) tengah menjadi fokus banyak perusahaan, termasuk di sektor keuangan. Transformasi digital menjadi keharusan. Tapi tantangan transformasi digital pun tidak mudah. Transformasi operasional TI harus dilakukan secara terintegrasi demi menjawab permintaan pelanggan yang semakin besar, kompleks, dan serba digital.

Hal itu terungkap dalam seminar “Accelerate Growth and Performance with IT Automation and Integration” di Jakarta beberapa waktu lalu. Perusahaan-perusahaan diyakini membutuhkan inovasi yang lebih cepat, efisien, dan melakukan transformasi TI.

“Seperti kita ketahui, digitalisasi bisnis perusahaan sudah menjadi sebuah keharusan. Tapi, apa jadinya jika digitalisasi itu dilakukan oleh masing-masing divisi dengan tools dan keahlian yang berbeda-berbeda? Tentu saja akan menyulitkan perusahaan, terutama pada saat hendak mengambil keputusan penting,” terang Jip Ivan Sutantom Director Enterprise Application Services Business PT Multipolar Technology Tbk (MLPT) dalam keterangan resminya, Jum’at, 2 Juni 2023.

Melihat kebutuhan perusahaan dalam melakukan transformasi digital, Multipolar Technology, kata Jip, menyediakan sejumlah solusi terintegrasi. Modul-modul ini mendukung teknologi automasi dan integrasi yang menawarkan enterprise observability, automasi operasional, dan integrasi layanan bisnis digital yang bisa mendorong bisnis naik ke level yang lebih tinggi. Solusi-solusi itu antara lain IBM AIOPs, IBM Robotic Process Automation (RPA), dan IBM Cloud Pak for Integration (CP4I).

Dengan dukungan AIOps, perusahaan bisa meningkatkan performa aplikasi sekaligus menyederhanakan pengoperasian secara bersamaan dan otomatis. AIOPs yang berbasis machine learning ini dapat membantu perusahaan mengintegrasikan aplikasi bisnis dengan optimal.

Sedangkan aktivitas aplikasi bisnis yang sifatnya berulang, dapat dikelola menggunakan solusi RPA. RPA menjamin kecepatan, kepraktisan, keakurasian data, meskipun melibatkan data dalam jumlah besar (big data). Berkat dukungan teknologi kecerdasan buatan, RPA juga bisa berperan dalam mencegah error, seperti halnya yang lazim dilakukan manusia atau human error.

Selain itu, dalam transformasi digital bukan hanya sistem aplikasi internal perusahaan yang harus diintegrasikan, tapi juga ekosistem industrinya.

“Perusahaan fintech, perbankan, atau lainnya kalau mau beroperasi lama harus terintegrasi dengan ekosistemnya. Pengintegrasian itulah yang dipermudah oleh solusi IBM Cloud Pak for Integration,” ujar Elen, Department Head of Middleware Cloud Platform Solution Multipolar Technology.

Tiga solusi tersebut diklaim bisa menjawab tuntutan tuntutan pelanggan yang semakin kompleks sekaligus menekan biaya operasional dan mendongkrak return on invetment (ROI) perusahaan. (*) Ari Astriawan

Related Posts

News Update

Top News