Tol Bocimi Seksi II Senilai Rp3,2 T Resmi Dibuka, Jakarta ke Sukabumi Hanya 2,5 Jam

Tol Bocimi Seksi II Senilai Rp3,2 T Resmi Dibuka, Jakarta ke Sukabumi Hanya 2,5 Jam

Jakarta – Infratruktur jalan tol terus digenjot Presiden Joko Widodo (Jokowi). Terbaru, Tol Bogor Ciawi Sukabumi (Bocimi) seksi II dengan ruas tol Cigombong-Cibadak dengan exit Tol Parungkuda resmi beroperasi.

Pembangunan tol sepanjang 11,9 kilometer ini menelan anggaran Rp3,2 triliun yang didapat dari dana Penyertaan Modal Negara (PMN) pada 2021.

“Ruas jalan ini menelan anggaran Rp3,2 triliun,” ungkap Jokowi saat peresmian Tol Bocimi II dikutip Jumat, 4 Agustus 2023.

Baca juga: Tol Cisumdawu Diresmikan, Anggarannya Hampir 3x Lipat Akuisisi Mandala Multifinance oleh MUFG

Jokowi berharap, dengan adanya Tol Bocimi seksi II ini bisa memangkas waktu perjalanan dari Jakarta ke Sukabumi.

“Kita harapkan dengan sudah diresmikan Tol Bocimi seksi II ini bisa memangkas waktu yang tadinya 5 sampai 6 jam, menjadi 2,5 jam saja,” kata Jokowi.

Selain itu, Tol Bocimi seksi II juga bisa memperlancar aktivitas industri dalam penyaluran logistik dan dapat meningkatkan potensi wisata yang terdapat di wilayah Sukabumi dan sekitarnya.

Tol Bocimi memang sangat mendukung akses sejumlah kawasan wisata di Sukabumi dan sekitarnya. Misalnya kawasan wisata pantai Pelabuhan Ratu, Geopark Ciletuh, dan Ujung Genteng.

Selain itu, Tol Bocimi juga mempermudah bagi masyarakat yang ingin merasakan wisata alam pegunungan seperti di Gunung Gede dan Situgunung.

Seperti diketahui, Tol Bocimi seksi II Cigombong-Cibadak pernah dibuka sebagai tol fungsional menghadapi arus mudik dan arus balik 2023. 

Baca juga: Kementerian PUPR Pastikan Uji Coba Bayar Tol Nirsentuh Dilanjutkan

Sedangkan Tol Bocimi seksi I jalur Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 kilometer telah lebih dahulu beroperasi sejak Desember 2018.

Untuk dua seksi lain, yakni Tol Bocimi seksi III Cibadak – Sukabumi Barat sepanjang 13,70 km dan Seksi IV ruas Sukabumi Barat – Sukabumi Timur sepanjang 13,05 km, saat ini progresnya masih dalam tahap pembebasan lahan. (*)

Related Posts

News Update

Top News