Tok! Komisi XI DPR Setuju Destry Damayanti Jadi Deputi Gubernur Senior BI

Tok! Komisi XI DPR Setuju Destry Damayanti Jadi Deputi Gubernur Senior BI

Jakarta –  Komisi XI DPR RI menetapkan Destry Damayanti sebagai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) periode 2024-2029 usai melaksanakan fit and proper test. Destry terpilih berdasarkan hasil musyawarah mufakat, baik pimpinan maupun anggota Komisi XI.

Adapun Destry menjadi calon tunggal untuk menjadi Deputi Gubernur Senior BI periode 2024-2029. Hal tersebut tertuang dalam Surat Presiden R-17/Pres/05/2024 yang disampaikan ke DPR RI.

Ketua Komisi XI DPR RI Kahar Muzakir memastikan bahwa Destry sangat kompeten di bidangnya. Selain itu, pengalaman yang panjang sejak kariernya di BI juga menjadi alasan tersendiri bagi DPR RI untuk memutuskan Destry menjadi Deputi Gubernur Senior BI. Apalagi ini merupakan periode kedua Destry menjabat kembali sebagai Deputi Gubernur Senior BI. 

Baca juga: Calon Tunggal, Destry Damayanti Diperkirakan Mulus Jadi Deputi Gubernur Senior BI

“Jadi tadi fit and proper test apakah dia (Destry) pantas untuk menduduki jabatan tersebut menurut kawan-kawan-kawan (Anggota Komisis XI) tadi berdasarkan paparannya pantas dan cocok untuk jabatan tersebut. Wong ini periode kedua, dan sudah ada keputusan tadi,” ujar Kahar usai menggelar rapat internal di DPR, Senin, 3 Juni 2024.

Dengan keputusan tersebut, Destry akan kembali menjalankan tugasnya sebagai Deputi Gubernur Senior BI selama dua periode. Di mana masa jabatannya periode 2019-2024 akan habis pada Agustus mendatang.

Destry sendiri telah melakukan fit and proper test yang diselenggarakan oleh Komisi XI DPR RI pada Senin (3/6/2024). 

Dalam paparannya, dia memiliki visi misi yani tiga game changer untuk mendukung perekonomian Indonesia yakni, pengembangan pasar uang dan pasar valas, penguatan sistem pembayaran pada digitalisasi ekonomi dan keuangan, serta kebijakan makroprudensial yang akomodatif dan pro growth.

Setelah ditetapkan di Komisi XI DPR RI, tahap selanjutnya, hasil keputusan tersebut akan dilaporkan oleh Komisi XI di Rapat Sidang Paripurna.

Diharapkan calon Deputi Gubernur Senior BI Destry Damayanti dapat memberikan kontribusi positif terhadap kebijakan yang akan diambil oleh Bank Indonesia ke depannya.

Baca juga: Sederet PR Berat Menanti Destry Damayanti Jika Terpilih Lagi Jadi Deputi Gubernur Senior BI

Rekam Jejak Destry Damayanti

Destry bukan sosok baru di industri keuangan nasional. Wanita kelahiran lahir 16 Desember 1963 ini mengawali karier pada 1997 ketika menjadi ekonom Citibank Indonesia.

Tiga tahun kemudian, peraih Master of Science dari Cornell University ini hijrah menjadi Senior Economic Adviser Duta Besar Inggris untuk Indonesia pada tahun 2000-2003.

Dia juga tercatat sebagai peneliti dan pengajar di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada 2005-2006, dan Kepala Ekonom Mandiri Sekuritas pada 2005-2011.

Setelah itu, dia melanjutkan kariernya sebagai Kepala Ekonom Bank Mandiri pada 2011-2015 dan Ketua Satuan Tugas Ekonomi Kementerian BUMN pada 2014-2015.

Selanjutnya, pada periode 2015-2019, Destry angkat sebagai Anggota Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Karier Destry terus menanjak. Pada 2019, dia dipercaya sebagai Deputi Gubernur Senior BI hingga saat ini. (*)

Related Posts

News Update

Top News