Perbankan

Tingkatkan Pencadangan, Laba Bersih BTPN Turun 12,57 Persen jadi Segini

Jakarta – PT Bank BTPN Tbk (BTPN) mencatatkan laba bersih di semester I-2023 sebesar Rp1,46 triliun atau mengalami penurunan 12,57% bila dibandingkan dengan tahun lalu di periode yang sama yakni sebesar Rp1,68 triliun

Direktur Utama BTPN, Henoch mengatakan, penurunan laba bersih yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar 13% secara tahunan ini, dipengaruhi oleh peningkatan pencadangan kredit sebesar Rp422 miliar.

Baca juga: Perluas Segmen, Jenius BTPN Jangkau 4,3 juta Nasabah

Ia mengatakan bahwa peningkatan pencadangan kredit pada kuartal II-2023 tersebut dilakukan untuk mengantisipasi proses restrukturisasi nasabah korporasi dan mitigasi dari berakhirnya kebijakan stimulus Covid-19 dari Pemerintah.

“Kami patut bersyukur Indonesia telah memasuki masa transisi endemi sehingga perekonomian mulai kembali bangkit. Bank terus berupaya mendukung berbagai kebijakan pemerintah untuk mendukung pertumbuhan dan antisipasi risiko kredit,” ucap Henoch dikutip 1 Agustus 2023.

Kemudian, dari sisi pertumbuhan kredit, kredit di segmen Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan syariah tercatat masing-masing meningkat sebesar 18% yoy dan 8% yoy dengan total kredit yang disalurkan oleh Bank BTPN per akhir Juni 2023 turun 0,4% yoy ke posisi Rp148,71 triliun.

Tidak hanya itu, Bank BTPN juga senantiasa berkomitmen untuk menjaga kualitas kredit dengan rasio gross non-performing loan (NPL) Bank terjaga di 1,39%, masih lebih rendah dibanding rata-rata industri yang tercatat sebesar 2,52% pada akhir Mei 2023.

Sementara itu, dana pihak ketiga (DPK) Bank BTPN meningkat sebesar 4% secara tahunan menjadi Rp107,35 triliun di akhir Juni 2023, dari Rp103,17 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Baca juga: BTPN Syariah Cetak Laba Rp753 Miliar di Semester I-2023

Adapun, hingga akhir Juni 2023, Jenius sebagai inovasi teknologi digital BTPN, kian menunjukkan tren pertumbuhan yang kuat dengan mencatatkan pertumbuhan pengguna atau registered user sebesar 19% yoy menjadi 4,8 juta dari sekitar 4 juta pada periode yang sama.

Funding balance atau DPK yang dikelola Jenius juga menunjukkan kenaikan sebesar 43% yoy menjadi Rp24,7 triliun dari Rp17,3 triliun di akhir Juni 2022. Lebih lanjut, total produk pinjaman yang disalurkan Jenius telah mencapai Rp1,3 triliun pada akhir Juni 2023 atau naik 119% secara yoy dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yakni Rp602,1 miliar.

“Kami akan berfokus pada Semester II-2023 pada upaya untuk terus meningkatkan kinerja positif ini dengan menumbuhkan kredit sesuai risk appetite, menumbuhkan CASA, meningkatkan pendapatan fee base dan forex, maupun aktivitas cross sell, sehingga bisa terus berkontribusi bagi penguatan perekonomian pascapandemi guna memberikan manfaat lebih bagi masyarakat Indonesia,” imbuhnya. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

Bibit Edukasi Publik Soal Pasar Modal Lewat Art Jakarta 2024

Jakarta - PT Bibit Tumbuh Bersama (Bibit.id) ikut berpartisipasi dalam Art Jakarta 2024 yang diadakan… Read More

3 hours ago

Jadi Official Banking, Bank Saqu Hadirkan Beragam Hiburan dengan Edukasi Keuangan di Synchronize Festival 2024

Jakarta - Bank Saqu, layanan perbankan digital dari PT Bank Jasa Jakarta menegaskan komitmen untuk… Read More

4 hours ago

Prudential Syariah Luncurkan PRUCritical Amanah, Intip Tiga Manfaat Utamanya

Jakarta – PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) meluncurkan produk teranyar yakni PRUCritical Amanah. Asuransi… Read More

4 hours ago

Portal Aksesi OECD Jadi Fondasi untuk Penerapan Birokrasi Berstandar Internasional

Jakarta - Pemerintah mempercepat upaya Indonesia menjadi anggota penuh Organisation for Economic Co-operation and Development… Read More

7 hours ago

8 Perusahaan Asuransi Berada dalam Pengawasan Khusus OJK

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan hingga akhir September 2024 masih terdapat delapan perusahaan… Read More

8 hours ago

BEI Bakal Luncurkan Implementasi Intraday Short Selling di Kuartal I 2025

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengumumkan rencananya untuk melakukan implementasi Intraday Short Selling… Read More

9 hours ago