Tingkatkan Literasi Keuangan Syariah, OJK Kembali Gelar ISFO 2024

Tingkatkan Literasi Keuangan Syariah, OJK Kembali Gelar ISFO 2024

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada hari ini (24/6) kembali menyelenggarakan Indonesia Sharia Financial Olympiad (ISFO) 2024, dalam rangka mengembangkan wawasan keuangan syariah di kalangan pelajar dan mahasiswa.

Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Pelindungan Konsumen OJK, Friderica Widyasari Dewi, menargetkan kegiatan ISFO 2024 tersebut dapat diikuti oleh sebanyak 10.000 mahasiswa dari seluruh Indonesia.

“Terselenggaranya kegiatan hari ini, yang merupakan kick-off ISFO, yang nanti Insya Allah rencananya akan diikuti, info dari Pak Aman dan Pak Ismail ya, sekitar minimal 6.000 pelajar mahasiswa ya, minimal lho Pak Ismail ya, kalau bisa lebih dari itu ya, 10.000,” ucap Kiki sapaan akrabnya di Jakarta, 24 Juni 2024.

Baca juga: Tingkatkan Literasi Keuangan & Peduli Sampah, OJK Gelar Edukasi Keuangan di Bantar Gebang

Di kesempatan yang sama, Kepala Departemen Literasi, Inklusi Keuangan, dan Komunikasi OJK, Aman Santosa, menyebutkan dalam ISFO 2024 tersebut, terdapat dua rangkaian kegiatan perlombaan, salah satunya adalah cerdas cermat.

Dalam kompetisi cerdas cermat, para peserta akan mengasah kemampuan dan pengetahuannya dengan bertanding antar tim untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar keuangan sariah, waspada investasi, dan perencanaan keuangan.

“Pelaksanaan kompetisi cerdas cermat akan dibagi dalam dua kategori, yaitu pelajar dan mahasiswa yang akan melalui beberapa tahap di level regional yang akan dilaksanakan oleh setiap kantor OJK di daerah dan level nasional yang akan dilaksanakan secara terpusat,” ujar Aman dalam kesempatan yang sama.

Selanjutnya akan ada kompetisi Wirausaha Muda Syariah sebagai kompetisi baru yang ditambahkan pada ISFO tahun ini, di mana berfokus untuk meningkatkan aspek inklusi keuangan syariah dan mengembangkan jiwa wirausaha para mahasiswa.

“Dan kompetisi ini akan mengumpulkan ide-ide kreatif dan inovatif dalam manfaatkan potensi akses keuangan syariah untuk mengembangkan bisnis usaha yang telah dijadikan oleh mahasiswa,” imbuhnya.

Baca juga: Heboh Korban Judi Online Bisa Jadi Dapat Bansos, Begini Tanggapan OJK

Adapun, dengan adanya kolaborasi dengan seluruh stakeholders terkait tersebut diharapkan dapat menyukseskan ISFO 2024 agar dapat menjadi kompetisi yang bermanfaat baik bagi para pelajar mahasiswa di seluruh Indonesia.

“Besar harapan kami melalui penyelenggaraan ISFO 2024 ini dapat meningkatkan awareness melalui minat adik-adik pelajar dan mahasiswa dengan menggunakan produk-produk layanan keuangan syariah serta mewujudkan generasi muda yang cakap keuangan syariah,” tutup Aman. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News