Tiga Alokasi APBN Untuk Pulihkan Ekonomi Di Tengah Pandemi

Tiga Alokasi APBN Untuk Pulihkan Ekonomi Di Tengah Pandemi

Jakarta – Mantan Menteri Keuangan RI, M. Chatib Basri mengungkapkan terdapat 3 alokasi penting dalam perencanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) di tengah pandemi. Ia menilai ketiga alokasi ini krusial untuk memulihkan perekonomian Indonesia di tengah pandemi.

“Saya melihat pada periode sekarang yang paling penting itu adalah alokasi dana kepada 3 hal, satu kesehatan, dua bantuan sosial, ketiga dukungan kepada UMKM,” ujar Chatib dalam paparan virtualnya Senin, 18 Oktober 2021.

Pada alokasi kesehatan, Chatib mengusulkan agar anggaran vaksinasi daerah dan akses PCR bisa semakin diperluas serta dipermudah. Dengan demikian, aspek kesehatan negara bisa teratasi yang bakal mempunyai efek domino ke perekonomian.

Kemudian, ia juga mengusulkan agar bantuan sosial terus diperluas selama pandemi dan pembatasan aktivitas. Menurutnya selama pembatasan aktifitas masa, masyarakat dengan ekonomi kelas bawah menjadi salah satu yang paling terdampak, sehingga memerlukan bantuan lebih. Perluasan bansos hingga 60% dari masyarakat dirasa bisa mengatasi permasalahan yang ada.

Ketiga, bantuan bagi UMKM yang menjadi tulang punggung perekonomian. Chatib menilai masih ada pos-pos keuangan yang bisa dimanfaatkan untuk memberikan bantuan ke UMKM. Misalnya adalah dengan menunda pemberian anggaran-anggaran kementerian/lembaga tertentu dan merealokasikannya ke bantuan sosial. Dengan demikian, UMKM bisa bertahan dan pulih yang akhirnya memulihkan perekonomian seperti semula. (*)

 

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

News Update

Top News