The Fed Beri Sinyal Tapering Off Mulai November 2021

The Fed Beri Sinyal Tapering Off Mulai November 2021

The Fed Fasilitasi Repo Line ke BI Senilai US$60 Miliar
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Federal Reserve (The Fed), Bank Sentral Amerika Serikat (AS), memberikan sinyal bahwa tapering off kemungkinan bisa dimulai pada November 2021. Ketua The Fed Jerome Powell mengungkapkan selama pertumbuhan ekonomi dan pekerjaan di AS hingga September cukup kuat, maka pengurangan pembelian aset bisa segera dimulai.

“Meskipun tidak ada keputusan yang dibuat, para peserta umumnya memandang bahwa selama pemulihan tetap di jalurnya, proses pengurangan bertahap yang berakhir sekitar pertengahan tahun depan kemungkinan akan tepat,” ujar Powell pada keterangannya seperti dikutip, 23 September 2021.

Meskipun demikian, kebijakan tapering off ini tidak akan dibarengi dengan kenaikan suku bunga acuan. Meski ada sinyal peningkatan lebih cepat, suku bunga acuan The Fed masih ditahan pada kisaran 0%, tepatnya 0-0,25 persen. Pembelian obligasi dan sekuritas berbasis hipotek pun masih akan dilanjutkan setidaknya saat ini.

Menanggapi rencana tapering off, Bank Indonesia (BI) menjelaskan bahwa dampak pengurangan pembelian aset dari The Fed tidak akan separah tahun 2013. BI sudah menyiapkan langkah-langkah untuk mengantisipasi kebijakan tapering off The Fed. Selain itu, cadangan devisa dan fundamental Indonesia saat ini juga dinilai masih kuat. (*)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]