Terbaru! Ini Daftar 5 Orang Terkaya RI Versi Forbes, Siapa Paling Tajir?

Terbaru! Ini Daftar 5 Orang Terkaya RI Versi Forbes, Siapa Paling Tajir?

Jakarta – Forbes Real Time Billionaires kembali merilis daftar orang terkaya di Tanah Air pada 2024. Tercatat, ada lima miliarder yang memiliki harta fantastis dengan berbagai bisnis, mulai dari pertambangan, properti, petrokimia hingga perbankan.

Menariknya, empat nama di antaranya masuk dalam 100 besar orang terkaya di dunia versi Forbes 2024. Lalu, siapa saja mereka?

Dilansir laman forbes.com, Jumat (7/6), berikut daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes : 

1. Prajogo Pangestu

 Nama Prajogo Pangestu sudah tidak asing lagi di bisnis petrokimia, pertambangan hingga energi terbarukan. Pria berumur 80 tahun ini, sukses menempati posisi jawara orang terkaya di Indonesia menyalip raja batu bara Low Tuck Kwong.

Baca juga: Daftar Orang Terkaya di Dunia Terbaru Versi Forbes, Miliarder RI Posisi Berapa?

Adapun total kekayaan yang dimiliki saat ini senilai USD49,4 miliar atau setara Rp800 triliun (kurs Rp16.200/USD). Dengan kekayaan ini, ia menempati posisi ke-27 orang terkaya di dunia.

Diketahui, sumber kekayaan Prajogo berasal dari bisnis petrokimia, pertambangan hingga energi terbarukan.

2. Low Tuck Kwong

Miliarder Low Tuck Kwong sendiri pernah menempati posisi pertama orang terkaya di Indonesia. Bukan tanpa sebab, ia yang dikenal sebagai raja batu bara ini merupakan pendiri Bayan Resources, perusahaan pertambangan batu bara di Indonesia.

Saat ini, Low Tuck Kwong memiliki kekayaan senilai USD24,2 miliar atau setara Rp392 triliun. Jumlah tersebut menempatkan dirinya di posisi ke-83 orang terkaya di dunia.

3. Robert Budi Hartono

Di posisi ketiga diduduki oleh Robert Budi Hartono dengan harta kekayaan senilai USD23,4 miliar atau jika dikonversikan Rp379 triliun.

Baca juga: Kisah Mantan Sopir Angkot jadi Orang Terkaya di RI, Lebih Tajir dari Jack MA

Diketahui, Budi Hartono merupakan miliarder berusia 83 tahun yang memiliki kerajaan bisnis di bidang rokok, perbankan hingga real estate.

4. Michael Hartono

Kakak dari Budi Hartono ini berada di posisi keempat orang terkaya di Indonesia versi Forbes. Total kekayaan Michael Hartono sendiri tembus USD22,5 miliar atau setara Rp364,5 triliun.

Dengan total kekayaan yang dimilikinya, Michael Hartono berada di posisi ke-87 orang terkaya di dunia. Sementara, R. Budi Hartono berada di peringkat ke-86.

5. Sri Prakash Lohia

Di posisi penutup ada miliarder Sri Prakash Lohia dengan total kekayaan senilai USD8,1 miliar atau setara Rp131,2 triliun.

Adapun sumber kekayaan Lohia berasal dari perusahaan Indorama Corporation, yang didirikan bersama ayahnya setelah pindah dari India ke Indonesia.

Saat ini, Indorama telah memproduksi berbagai produk industri termasuk pupuk dan sarung tangan medis.

Itulah daftar 5 orang terkaya di Indonesia yang memiliki harta fantastis. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News