Tarif Promo LRT Jabodebek Tengah Disiapkan, Cek Detailnya di Sini!

Tarif Promo LRT Jabodebek Tengah Disiapkan, Cek Detailnya di Sini!

Jakarta – Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah mengusulkan skema pemberian tarif promo LRT Jabodebek.

Ada dua skema tarif promo LRT Jabodebek yang diusulkan, yaitu diskon sebesar 78 persen dan diskon tarif terjauh sebesar Rp20.000.

Rencananya, promo tarif ini akan diberlakukan pada saat pertama kali dioperasikannya LRT Jabodebek yang ditargetkan pada akhir Agustus 2023.

Baca juga: Wamen BUMN Sebut Longspan LRT Jabodebek Salah Desain, Begini Kata Pengamat

Saat ini, Kemenhub masih merumuskan konsep tarif promo LRT Jabodebek. Mulai dari besaran, waktu pelaksanaa, hingga perumusah regulasi yang menjadi dasar tarif promo ini.

“Kalau ini disetujui, kami akan terapkan saat LRT Jabodebek beroperasi komersial pada akhir Agustus mendatang,” ujar Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal dikutip dari keterangan tertulisnya, Sabtu (19/8/2023).

Tarif promo LRT Jabodebek yang tengah diusulkan ini juga sebagai upaya dalam semakin menarik minat masyarakat akan transportasi massal berbasis berbasis rel ini.

“Dengan semakin banyak masyarakat yang menggunakan angkutan massal, diharapkan dapat menekan tingkat kemacetan dan polusi udara, khususnya di wilayah perkotaan teraglomerasi seperti Jabodetabek,” ucapnya.

Saat ini Kemenhub masih berkoordinasi dengan pemangku kepentingan terkait agar semakin banyak masyarakat yang beralih dari menggunakan kendaraan pribadi ke angkutan massal seperti LRT Jabodebek.

Sedangkan formulasi perhitungan tarif LRT Jabodebek telah tercantum dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM No.25/2023 Tentang Penyelenggaraan Kereta Api Ringan (LRT) Terintegrasi Jabodebek, yang ditetapkan pada 8 Juni 2023.   

Baca juga: Ini Daftar Stasiun dan Rute LRT Jabodebek

Selanjutnya, besaran tarif bersubsidi LRT Jabodebek juga telah ditetapkan pada 14 Juli 2023 melalui Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 67 tahun 2023 tentang Tarif Angkutan Angkutan Orang dengan Kereta Api Ringan (LRT) Terintegrasi Jabodebek untuk Melaksanakan Kewajiban Pelayanan Publik.

Ditetapkan melalui Keputusan Menhub Nomor 67/2023 bahwa besaran tarif LRT Jabodebek yaitu Rp5.000 untuk 1 km pertama dan Rp700 untuk km selanjutnya. (*)

Related Posts

News Update

Top News