Tanggal 17 November 2023 Diperingati Hari Apa Saja? Ini Daftarnya

Tanggal 17 November 2023 Diperingati Hari Apa Saja? Ini Daftarnya

Jakarta – Tanggal 17 November 2023, diperingati sederet perayaan penting internasional. Ada perayaan Hari Pelajar Internasional, Hari Prematuritas, hingga Hari Vasektomi Sedunia.

Setiap perayaan hari penting internasional pada tanggal 17 November, tentunya memiliki sejarah dan tujuannya sendiri.

Untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan tentang perayaan hari penting internasional pada 17 November 2023 berikut ini:

Baca juga: Daftar Hari Penting dan Libur Nasional di November 2023, Cek di Sini!

Hari Prematur Sedunia

Setiap tanggal 17 November di tiap tahunnya diperingati sebagai Hari Prematur Sedunia.  Menukil laman National Today, peringatan Hari Prematur Sedunia diciptakan untuk meningkatkan kesadaran bagi jutaan anak yang lahir prematur setiap tahunnya.

Masih melansir National Today, prematur merupakan kondisi kelahiran yang terjadi lebih awal dari perkiraan hari lahir. Meskipun masih bisa selamat, namun kondisi bayi lahir prematur memiliki kerentanan untuk terkena sejumlah kondisi lain, seperti Cerebral Palsy, keterlambatan perkembangan, masalah pendengaran, dan masalah penglihatan.

Meskipun demikian, banyak bayi prematur tumbuh menjadi individu yang benar-benar sehat. Bahkan, beberapa di antaranya menjadi tokoh masyarakat terkenal seperti Albert Einstein dan Winston Churchill.

Hari Vasektomi Sedunia

Selain diperingati Hari Prematur Sedunia, setiap tanggal 17 November juga diperingati sebagai Hari Vasektomi Sedunia.

Hari Vasektomi Sedunia merupakan acara tahunan untuk meningkatkan kesadaran global akan vasektomi sebagai solusi berorientasi pria untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan.

Vasektomi adalah prosedur kontrasepsi permanen yang dilakukan pada organ seksual pria untuk membatasi transfer sperma selama hubungan seksual.

Sejak diluncurkan pada 2012, Hari Vasektomi Sedunia telah bermitra dengan lebih dari 30+ negara dan kini menjadi gerakan keluarga berencana dan kesehatan seksual yang berfokus pada pria terbesar di dunia.

Baca juga: Hari Osteoporosis Sedunia, Yuk Kenali 4 Cara Pencegahannya

Hari Pelajar Internasional

Di momen tanggal 17 November juga diperingati sebagai Hari Pelajar Internasional. Hari Pelajar Internasional adalah hari persembahan untuk para pelajar yang sudah berusaha dan bekerja keras untuk meraih ilmu demi masa depan yang lebih baik.

Hari Pelajar Internasional juga sekaligus menjadi momentum peringatan atas kejadian pada 1939. Kala itu, mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Charles di Praha mengadakan demonstrasi untuk memperingati terbentuknya Republik Cekoslowakia yang merdeka.

Kemudian, Nazi secara brutal menindas pertemuan tersebut, yang mengakibatkan kematian seorang siswa Jan Opletal.

Untuk mengenang keberanian para aktivis mahasiswa selama penyerbuan Universitas Praha oleh Nazi tersebut, pada tanggal 17 November setiap tahunnya diperingati Hari Pelajar Internasional.

Perayaan Hari Pelajar Internasional diadakan pertama kali pada tahun 1941 di Dewan Mahasiswa Internasional di London.

Kala itu, para pelajar memutuskan untuk memperkenalkan Hari Pelajar Internasional, yang diperingati setiap tanggal 17 November. (*)

Related Posts

News Update

Top News