Tak Sekadar Menghibur, Ternyata Ada Misi Lain di Balik Konser Jazz Gunung Bromo 2023

Tak Sekadar Menghibur, Ternyata Ada Misi Lain di Balik Konser Jazz Gunung Bromo 2023

Bromo – Jazz Gunung Bromo 2023 memang menjadi hajatan musisi jazz berkreasi. Musisi jazz dalam maupun luar negeri berkolaborasi dalam ajang yang digelar mulai dari 21 – 22 Juli 2023 di Jiwa Jawa Resort, Probolinggo, Jawa Timur.

Tak sekadar untuk menghibur para pencinta jazz Tanah Air, ada misi mulia di balik pagelaran Jazz Gunung Bromo yang sudah memasuki usia 15 tahun ini.

Founder Jazz Gunung Bromo Sigit Pramono mengatakan, konsep awal dari pagelaran musik jazz ini adalah untuk melakukan rebranding kawasan wisata Bromo. Pasalnya, dari awal kawasan Bromo ‘dijual’ dengan cara yang keliru.

“Dari awal sudah salah, karena Bromo dijual sebagai tempat untuk melihat matahari terbit. Akibatnya, wisatawan cuma datang semalam. Sore check in di hotel, jam 3 pagi bangun ke Pananjakan keliling sebentar, balik check out, sarapan check out,” kata Sigit dalam sesi konferensi pers, Sabtu, 22 Juli 2023.

Baca juga: 4 Fakta Menarik Penampilan Atiek CB di Jazz Gunung Bromo 2023

Padahal, kata Sigit, dalam konsep wisata sejatinya seluruh pihak harus berperan mengajak atau menarik wisatawan lokal maupun asing agar mereka tinggal lebih lama lagi.

“Kalau wisatawan atau turis lebih lama, stay longer, dia akan berbelanja lebih banyak. Sehingga dampak ekonominya kepada masyarakat lebih banyak,” tambah Sigit.

Untuk itu, kata Sigit, pihaknya menyelenggarakan Jazz Gunung Bromo selalu mengemasnya dengan berbagai kegiatan. Misalnya pameran lukisan, batik, dan lainnya. Semua kegiatan itu melibatkan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal.

“Tahun ini kita hadirkan pameran batik. Tujuannya agar ada alasan lain wisatawan ke Bromo selain lihat matahari terbit,” ujarnya.

Meski digelar setahun sekali, Jazz Gunung Bromo diharapkan bisa menjadi alternatif sekaligus daya tarik bagi wisatawan untuk menikmati pariwisata di kawasan Bromo lebih lama lagi. 

“Jadi sekalian jalan-jalan ke Bromo, bisa nikmatin Jazz Gunung. Sehingga orang yang nonton Jazz Gunung pasti nginap dua malam atau lebih. Itu tujuannya untuk melakukan rebranding,” kata Sigit.

Baca juga: Rumah Batik Afifah Siap Meriahkan Jazz Gunung Bromo 2023

Pasar Batik Bromo

Seperti diketahui, Jazz Gunung Bromo 2023 kali ini menghadirkan rangkaian kegiatan selain musik. Salah satunya adalah menghadirkan Pasar Batik Bromo bersama Rumah Batik Afifah.

Beragam produk batik menarik ditawarkan oleh puluham pelaku usaha batik pada Pasar Batik Bromo. Bahkan, para pengunjung juga bisa berkreativitas belajar batik. (*)

Related Posts

News Update

Top News