Survei BI: Optimisme Konsumen Terus Meningkat

Survei BI: Optimisme Konsumen Terus Meningkat

Jakarta – Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) pada Oktober 2022 mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi meningkat. Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Oktober 2022 sebesar 120,3, lebih tinggi dibandingkan pada bulan sebelumnya yang sebesar 117,2.

“Secara konsisten tetap berada di zona optimis (IKK>100). Kenaikan IKK terpantau pada seluruh kategori pengeluaran, kelompok usia, serta kategori pendidikan responden,” kata Erwin Haryono, Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI dalam keterangan resmi, Selasa, 8 November 2022.

Selain itu, meningkatnya optimisme konsumen pada Oktober 2022 didorong oleh peningkatan keyakinan konsumen, baik terhadap kondisi ekonomi saat ini maupun ekspektasi terhadap kondisi ekonomi ke depan.

Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) sebesar 112,3 terindikasi meningkat pada seluruh komponen pembentuknya, terutama pada indeks pembelian durable goods.

Sementara dari sisi Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yaitu sebesar 128,3, peningkatan terutama terjadi pada ekspektasi kegiatan usaha. Lebih tinggi daripada bulan sebelumnya yang masing-masing sebesar 108,3 dan 126,1. (*) Irawati

Related Posts

News Update

Top News